Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Rusak

Proses sorlip ditargetkan rampung dua pekan

Bandung Barat, IDN Times - Surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai disortir dan lipat (sorlip) di gudang logistik Pemilu 2024 di Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang. Ada sebanyak 6.731.230 lembar surat suara yang ditargetkan rampung selama dua pekan.

Ada lima jenis surat suara yang akan dilakukan penyortiran dan pelipatan yakni surat suara Pilpres, surat suara DPR RI, surat suara DPD RI, surat suara DPRD Provinsi dan surat suara DPRD KBB. Masing-masing jenis surat suara jumlahnya sebanyak 1.346.246 lembar.

"Pelaksanaan sorlip untuk lima jenis suara sudah dilaksanakan mulai tanggal 2 Januari. Estimasi penyelesaiannya selama 14 hari," kata Ketua KPU KBB Rifqi Ahmad Sulaeman di gudang KPU KBB, Rabu (3/1/2024).

1. Ditemukan 1.000 lembar surat suara rusak

Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk hari pertama pelaksanaan sorlip, surat suara yang sudah dilakukan sorlip mencapai 214 ribu lembar. Dari surat suara Pemilu 2024 yang sudah disorlip, petugas menemukan sebanyak 1.000 lembar lebih yang rusak.

"Hasil yang kita peroleh 214 ribu lembar hari pertama. Kalau kerusakan robek gak ada, paling hanya ada perbedaan warna penanda. Misalnya harusnya biru untuk DPRD Provinsi ini berubah ke warna lain. Kami pisahkan angkanya cukup banyak lebih dari 1.000 lembar," ujar Rifqi

Dia mengatakan surat suara yang rusak tersebut sudah dipisahkan karena kemungkinan jumlahnya akan terus bertambah mengingat pelaksanaan sorlip masih akan berlangsung sampai dua pekan ke depan. KPU KBB akan mengajukan penggantian surat suara yang rusak tersebut.

"Kalau kerusakan kami akan meminta ganti ke percetakan. Kalau terbilang rusak kami akan kembalikan, meminta sesuai jumlah yang rusak," ucap Rifqi.

2. KPU KBB libatkan 700 orang

Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk melakukan proses sorlip terhadap jutaan lembar surat suara Pemilu 2024 itu, KPU KBB melibatkan sebanyak 700 orang lebih petugas yang direkrut dari warga sekitar gudang logistik Pemilu 2024 dan kantor KPU KBB. Ratusan petugas sorlip dibagi ke dalam beberapa kelompok.

"Ada 700 orang lebih petugas sorlip, teknisnya dibagi ke dalam 71 kelompok. Per kelompoknya ada sepuluh orang untuk melakukan proses sorlip ini," kata dia.

Rifqi mengungkapkan, petugas sorlip itu akan mendapatkan honor sebesar Rp460 per lembar untuk surat suara Pileg dan Rp345 per lembar untuk surat suara Pilpres 2024.
"Di Kabupaten Bandung Barat untuk pelipatan pemilihan legislatif (pileg) per lembar Rp460 dan pemilihan presiden Rp345 per lembar. Legislatif memang lebih besar upahnya karena pelipatannya lebih susah," tururnya.

3. Logistik Pemilu 2024 sudah 90 persen lebih

Ribuan Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Rusak(Bangkit Rizki/IDN Times)

Rifqi melanjutkan, setelah proses sorlip surat suara rampung, KPU akan melakukan proses setting seluruh logistik Pemilu 2024. Dia mengatakan, 90 persen kebutuhan logistik untuk pesta demokrasi lima tahunan itu sudah diterima KPU KBB dan disimpan di gudang yang sudah dipastikan keamanannya.

"Kalau logistik sudah 90 persen lebih kami terima, sisanya paling tinggal kelengkapan untuk di TPS dan sebagainya. Nanti kami setelah ini langsung setting semua logistik sebelum didistribusikan ke PPK," kata dia.

Baca Juga: Ribuan ODGJ di Cimahi dan KBB Bisa Memilih di Pemilu 2024

Baca Juga: Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Sudah Lengkap

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya