Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Sudah Lengkap

KPU KBB segera lakukan sorlip

Bandung Barat, IDN Times - Logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 berupa surat suara yang diterima Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) sudah 100 persen. Surat suara sudah disimpan di gudang logistik KPU KBB.

Surat suara yang diterima adalah surat suara DPR RI, DPRD Provinsi, pemilihan presiden dan wakil presiden, surat suara DPD Provinsi Jawa Barat, dan surat suara DPRD Bandung Barat, di mana masing-masing berjumlah 1.346.246 lembar.

"Logistik pokok yakni surat suara sudah 100 persen diterima," kata Ketua KPU KBB, Rifqi Ahmad Sulaeman saat dihubungi, Senin (18/12/2023).

1. KPU KBB bakal segera lakukan sorlip

Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Sudah Lengkap(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dia mengatakan, setelah surat suara lengkap KPU akan segera melakukan pengolahan dan sortir logistik berupa perangkaian kotak suara dan lipat surat suara. KPU KBB akan lebih dulu berkoordinasi dengan KPU Provinsi Jawa Barat.

Khusus pelaksanaan sortir dan pelipatan surat suara, KPU KBB akan menggandeng masyarakat sekitar di gudang logistik KPU KBB. Rencananya, akan ada sekitar 500 orang yang dilibatkan untuk proses sortir lipat.

"Setelah seluruh logistik ini diterima, kami akan melakukan pengolahan logistik yakni pelipatan surat suara dan perangkaian kotak suara. Kami akan koordinasi dengan KPU provinsi untuk rencanakan akhir bulan ini melakukan pelipatan dan perangkaian," kata Rifqi.

2. KPU KBB sudah terima 90 persen logistik Pemilu 2024

Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Sudah Lengkap(Bangkit Rizki/IDN Times)

Menurut Rifqi, secara keseluruhan KPU KBB telah menerima 90 pengiriman logistik Pemilu 2024 yang disimpan di tempat aman. Mereka tinggal menunggu logistik pendukung seperti sampul, data daftar calon tetap (DCT), dan daftar pemilih tetap (DPT).

"Logistik yang masuk tinggal sampul, DPT, dan DCT. Tapi itu gak jadi masalah tinggal menunggu saja, karena logistik pokok yakni surat suara sudah 100 persen diterima," ujar dia.

3. Logistik dipastikan aman

Surat Suara Pemilu 2024 di KBB Sudah LengkapLogistik Pemilu 2024 di Gudang KPU KBB. (Bangkit Rizki/IDN Times)

Rifqi melanjutkan, semua logistik Pemilu 2024 dipastikan aman, termasuk dari cuaca. Untuk pengamanan di gudang agar tidak rusak karena hujan, instansinya sudah melakukan antisipasi dengan memakai tempat yang dipastikan tidak bocor. Begitupun untuk alasnya sudah menggunakan alat agar logistik tidak lembab.

"Terkait penyimpanan logistik gudang itu sudah aman dari banjir dan bocor karena kami menggunakan gudang yang baru. Termasuk kelembaban kami antisipasi pakai alas palet," ujar Rifqi.

Kemudian KPU juga dibantu personel TNI dan Polri melakukan penjagaan selama 24 jam di gudang logistik Pemilu 2024 untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga: KPU KBB Mulai Terima Bilik dan Kotak Suara untuk Pileg dan Pemilu 2024

Baca Juga: Cuaca Ekstrem Ancam Pengiriman Logistik Pemilu 2024 di KBB

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya