Punya Wisata Militer, Sandiaga Uno Dorong Cimahi Jadi Kota Kreatif

Sandiaga Uno apresiasi pelaku ekonomi kreatif di Cimahi

Cimahi, IDN Times - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi untuk mengajukan uji petik agar Cimahi, Jawa Barat, ditetapkan sebagai kota kreatif.

Hal itu disampaikan Menparekraf RI Sandiaga Uno usai menghadiri forum dialog Nemu Komunitas (Netas) di Inaka Coffe di Kelurahan Cibeber, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi pada Rabu (13/12/2023) malam. Acara itu dihadiri 27 komunitas ekonomi kreatif asal Kota Cimahi.

"Kami mendorong Kota Cimahi untuk mengajukan proses uji petik sehingg bisa ditetapkan sebagai kota kreatif," kata Sandiaga Uno.

1. Sandiaga Uno menilai potensi ekonomi kreatif di Kota Cimahi luar biasa

Punya Wisata Militer, Sandiaga Uno Dorong Cimahi Jadi Kota Kreatif(Bangkit Rizki/IDN Times)

Samdiaga memiliki alasan mendorong agar Pemkot Cimahi mengajukan uji petik. Menurutnya, Cimahi layak untuk menjadi kota kreatif karena memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan yang tentunya akan berdampak terhadap perekonomian.

Sandiaga Uno mengatakan dengan semakin berkembangnya sektor ekonomi kreatif maka peluang usaha akan semakin terbuka lebar dan tentunya akan diikuti dengan kesempatan kerja yang semakin besar peluangnya.

"Karena banyak sekali produk-produk subsektor ekonomi kreatif yang punya potensi di Kota Cimahi yang bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat," ujar Sandiaga.

2. Kemenparekraf dukung keberadaan wisata militer

Punya Wisata Militer, Sandiaga Uno Dorong Cimahi Jadi Kota Kreatif(Bangkit Rizki/IDN Times)

Selain ekonomi kreatif, Sandiaga Uno juga mendukung Kota Cimahi untuk mengembangkan wisata minat khusus seperti militer atau wisata heritage. Hal itu didukung karena di Kota Cimahi memiliki banyak bangunan-bangunan atau tempat bersejarah.

Pemerintah, kata dia, akan siap memfasilitasinya jika pemerintah setempat di Kota Cimahi ingin menjajaki pengembangan wisata khusus tersebut. Sandiaga Uno mengatakan akan berkaborasi dengan Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI.

"Silakan diajukan, kami nanti lintas kementerian kebetulan dengan Kemenhan kami sangat dekat dan banyak berkolaborasi dan sangat dimungkinkan untuk menciptakan produk-produk wisata baru sesuai dengan wisata minat khusus," tutur Sandiaga Uno.

3. Sandiaga Uno berbincang dengan para komunitas

Punya Wisata Militer, Sandiaga Uno Dorong Cimahi Jadi Kota Kreatif(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sandiaga Uno melanjutkan, dalam forum Netas bersama komunitas ekonomi kreatif di Kota Cimahi ini ia temgah menyerap aspirasi. Dia pun menemukan hal menarik ketika berbincang dengan mereka.

"Alhamdulillah tadi saya sempat menangkap aspirasi dari komunitas mulai dari komunitas UMKM, komunitas aksara kuno Sunda, komunitas e-sport. Ada dari komunitas yang menarik, terapi cinta. Jadi kalau yang cintanya sempat hilang datanglah ke Kota Cimahi," kata Sandiaga.

Dia mengatakan melalui forum ini ia ingin memberikan penguatan kepada para komunitas ekonomi kreatif di Kota Cimahi. "
"Jadi inilah inovasi-inovasi, produk-produk lokal dari Kota Cimahi yang malam ini kita berikan penguatan," ucapnya.

Baca Juga: Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya Ketagihan

Baca Juga: Sandiaga Uno Targetkan 14,3 Juta Wisman Melancong ke Indonesia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya