Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya Ketagihan

Sandiaga Uno juga bahas BIJB Kertajati

Bandung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno akhirnya menjajal Kereta Cepat Whoosh dari Jakarta-Bandung untuk pertama kalinya. Ia pun menyampaikan kesan-kesannya selama perjalanan.

Sandiaga Uno menjajal Kereta Cepat Whoosh dari Stasiun Halim, Jakarta, menuju Stasiun Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), untuk menuju acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) 2023 di The Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat pada Selasa (12/12/2023).

"Tadi saya pertama kali naik Whoosh, seru banget gak nyangka lagi ngobrol-ngobrol tiba-tiba udah nyampe di Stasiun Padalarang. Terus akhirnya kami teruskan sampai akhrinya exit dan super keren. Saya ketagihan dan mau coba lagi hari ini dan besok," kata Sandiaga Uno, kepada wartawan.

1. Sandiaga Uno yakin hadirnga Whoosh tumbuhkan minat wisatawan

Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya KetagihanPenumpang Kereta Cepat Whoosh Baru Tiba di Stasiun Padalarang, KBB, Rabu (18/10/2023). (Bangkit Rizki/IDN Times)

Sandiaga Uno mengatakan, untuk sementara ini memang kehadiran Kereta Cepat Whoosh Jakarta-Bandung belum berdampak optimal terhadap sektor pariwisata. Namun dia meyakini ke depannya akan berdampak positif bagi perekonimian di Indonesia.

"Saya yakin ini bukan hanya menghadirkan infrasruktur kelas dunia, tapi budaya yang luar biasa. Jadi budaya antre, budaya tepat waktu, budaya gerak cepat, mobilitas tinggi, ini yang kita harapkan, Budaya efisien ini akan memberikan kontribusi positif terhadap ekonomi kita. Ini membuka peluang usaha dan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat kita," ujarnya.

2. Sandiaga Uno bahas Bandara Kertajati

Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya KetagihanSuasana BIJB Kertajati jelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga membahas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Kemenparekraf, kata dia, akan menyiapkan paket-paket wisata baru di Provinsi Jawa Barat untuk mendukung pengembangan operasional bandara tersebut.

"Kami sudah menyiapkan paket-paket dan setelah Rakornas ini kami langsung cus ke Majalengka. Karena di situlah kami siapkan destinasi-destinasinya untuk mengaktifkan Bandara Kertajati," kata dia.

Sandiaga Uno mengatakan, Kemenparekraf selalu berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengembangkan BIJB.

"Kami berkolaborasi dengan Kemenhub, kami yakin Kertajati akan menjadi hub yang strategis untuk mengembangkan pariwisata di Jawa Barat dan menjadi infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

3. Bakal perluas penerbangan internasional

Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya KetagihanSuasana BIJB Kertajati jelang kedatangan WNI ABK Diamond Princess (IDN Times/Azzis Z)

Selain itu, lanjut Sandiaga Uno, pemerintah berencana untuk menambah penerbangan langsung dari dan ke BIJB Kertajati. Bukan hanya ke Singapura dan ke Malasya saja, tapi ke berbagai negara di Timur Tengah.

"Salah satunya adalah penambahan penerbangan langsung bukan hanya ke Singapura, Malaysia, dan beberapa destinasi lainnya tapi juga ke Timur Tengah. Ini yang sedang kami jajaki," tuturnya.

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Wisatawan Lokal Tak Liburan Nataru ke Luar Negeri

Baca Juga: Jelang Debat Capres, Sandiaga Uno Beri Saran untuk Ganjar Pranowo 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya