Sandiaga Uno Targetkan 14,3 Juta Wisman Melancong ke Indonesia

Menparekraf usung pariwisata hijau

Bandung, IDN Times - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno mengungkap target besar kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan lokal tahun 2024.

Untuk wisatawan mancanegara, Kemenparekraf RI menargetkan sebanyak 9,5-14,3 juta kunjungan ke Indonesia pada 2024. Sedangkan untuk wisatawan domestik, pemerintah menargetkan mencapai 1,25 miliar perjalanan.

"Untuk target wisman 14,3 juta. Pergerakan wisatawan nusantara kami pompa, targetnya tahun depan 1,25-1,5 miliar pergerakan wisatawanya," ujar Sandiaga Uno usai acar
Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) 2023 di The Trans Luxury, Bandung, Jawa Barat pada Selasa (12/12/2023).

1. Tambah rute penerbangan BIJB

Sandiaga Uno Targetkan 14,3 Juta Wisman Melancong ke Indonesia(Bangkit Rizki/IDN Times)

Untuk mengejar target kunjungan wisata itu, salah satu yang digarap adalah menjajaki kerja sama dengan berbagai maskapai penerbangan untuk menambah rute penerbangan internasional ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati untuk mendongkrak kunjungan wisman khususnya ke wilayah Jawa Barat.

"Salah satunya adalah penambahan penerbangan langsung ke bukan hanya ke Singapura, Malaysia, dan beberapa destinasi lainnya tapi juga ke Timur Tengah. Ini yang sedang kita jajaki," tutur Sandiaga Uno.

Apalagi Sandiaga menilai potensi wisata di Jawa Barat sangat luar biasa. Dia membeberkan minat wisatawan sepanjang tahun 2023 lebih banyak ke sektor kuliner. Sandiaga Uno mengatakan pariwisata merupakan penyumbang ekonomi masyarakat.

"Kalau kita lihat bahwa di tahun 2023 minat wisatawan terpicu dari kuliner lebih dari 53 persen. Oleh karena itu kami meyakini pariwsata adalah penyumbang ekonomi masyarakat dan akan membuka peluang kerja untuk rakyat," kata Sandiaga.

2. Kemenparekraf siap kembangkan BIJB Kertajati

Sandiaga Uno Targetkan 14,3 Juta Wisman Melancong ke Indonesia(Bangkit Rizki/IDN Times)

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga Uno juga membahas Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Pemerintah, kata dia  akan menyiapkan paket-paket wisata baru di Provinsi Jawa Barat untuk mendukung pengembangan operasional bandara tersebut.

"Kami sudah menyiapkan paket-paket dan setelah Rakornas ini kami langsung cus ke Majalengka. Karena di situlah kami siapkan destinasi-destinasinya untuk mengaktifkan Bandara Kertajati," kata dia.

Sandiaga Uno mengatakan Kemenparekraf selalu berkolaborasi dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mengembangkan BIJB.

"Kami berkolaborasi dengan Kemenhub, kami yakin Kertajati akan menjadi hub yang strategis untuk mengembangkan pariwisata di Jawa Barat dan menjadi infrastruktur yang bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

3. Tahun 2024 bakal tren pariwisata hijau

Sandiaga Uno Targetkan 14,3 Juta Wisman Melancong ke Indonesia(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sandiaga Uno mengatakan tahun 2024 pemerintah mendorong pariwisata hijau atau green tourism. Untuk itu dalam Rakornas Parekraf mendatang mengangkat isu terkait krisis lingkungan di tingkat nasional dan global melalui tiga topik. Pertama adalah strategi dan arah kebijakan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia.

"Kedua, resiliensi dan sinergi program parekraf lintas daerah. Ketiga, integritas dan pendekatan strategis program aksi empat pilar berkelanjutan," kata Sandiaga Uno.

Baca Juga: Perdana Naik Whoosh, Sandiaga Uno: Saya Ketagihan

Baca Juga: Sandiaga Uno Minta Wisatawan Lokal Tak Liburan Nataru ke Luar Negeri

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya