Ridwan Kamil Kutuk Bos Perusahaan Cikarang Ajak Staycation Karyawan

Ridwan Kamil akan Investigasi soal kasus ini

Bandung, IDN Times - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil alias Emil mengutuk keras adanya perusahaan di Cikarang yang menyaratkan karyawan untuk staycation bersama pemimpin agar dapat perpanjangan kontrak kerja.

Menurutnya, peristiwa ini seharusnya tidak dilakukan oleh perusahaan untuk memberikan syarat yang nyeleneh. Apalagi, kasus ini masuk pada ranah pelanggaran seksual.

"Saya sudah menugaskan Disnakertrans. Dan komen pertama itu tidak boleh terjadi karena itu adalah kriminalitas. Jadi menggunakan pelecehan seksual untuk syarat kenaikan atau perpanjangan kontrak. Itu saya kutuk habis, tidak boleh terjadi," ujar Emil di Bandung, Selasa (9/5/2023).

1. Jika masuk arah kriminal Pemprov Jabar dorong ke ranah hukum

Ridwan Kamil Kutuk Bos Perusahaan Cikarang Ajak Staycation KaryawanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Pemprov Jabar sendiri tidak diam dalam kasus ini. Emil mengungkapkan, ia telah memerintahkan Disnakertrans Jabar untuk melakukan penelusuran lebih lanjut soal kasus ini.

Jika benar ada kaitan dengan tindakan kriminalitas, maka harus dilaporkan pada kepolisian.

"Apakah itu oknum, itu sifatnya hal baru yang mewabah, itu harus kita hentikan. Maka, Disnakertrans Jabar sudah melakukan penelitian, investigasi dan kalau sudah masuk ke ranah kriminal, kita laporkan ke kepolisian untuk melakukan tindakan," katanya.

2. Dugaan sementara ke arah oknum

Ridwan Kamil Kutuk Bos Perusahaan Cikarang Ajak Staycation KaryawanGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Emil menegaskan, peristiwa ini menjadi atensi besar untuk diungkap secara tuntas agar menjadi pembelajaran dan pelajaran untuk perusahaan lainnya. Sampai saat ini, Emil belum menerima total perusahaan yang diduga membuat syarat serupa di wilayah Jabar.

"Dan titip, ini tidak boleh terulang lagi karena indikasinya tidak hanya di satu perusahaan," kata dia.

3. Kasus ini mencuat di media sosial Twitter

Ridwan Kamil Kutuk Bos Perusahaan Cikarang Ajak Staycation Karyawanilustrasi pelecehan seksual di tempat kerja (theleaflet.in)

Untuk diketahui, kasus ini muncul dan viral di Twitter melalui akun @Miduk17. Dia membuat cuitan soal adanya perusahaan di area Cikarang yang mensyaratkan staycation atau berlibur bersama atasan agar kontrak kerjanya diperpanjang.

Bahkan, menurutnya, syarat ini sudah menjadi rahasia umum perusahaan dan aturan tak wajar ini sudah diketahui banyak pegawai. Dia juga yakin kasus ini akan terbongkar.

"Saya yakin tak lama lagi akan ada yang berani speak up, lalu membongkar oknum perusahaan tersebut. Ini sekaligus kesempatan mereformasi sistem rekruitmen tenaga kerja di Indonesia," kata dia, dikutip Kamis (4/5/2023). 

4. Disnakertrans Jabar tengah menelusuri

Ridwan Kamil Kutuk Bos Perusahaan Cikarang Ajak Staycation KaryawanKepala Disnakertrans Jabar Rachmat Taufik Garsadi. IDN Times/Debbie Sutrisno

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar, Rachmat Taufik Garsadi juga mengatakan, asus viral itu tengah dalam penelusuran. Disnakertrans Jabar turun langsung mengusut kasus ini.

"Yang berkaitan dengan ini kan lewat medsos, kami akan telusuri dan saya tidak bisa jawab (perusahaan apa) karena mungkin saja itu oknum. Karena saya yakin kalau perusahaan itu tidak akan (ada aturan ini)," ujar Rachmat, Kamis (4/5/2023)

Baca Juga: Cegah PHK Massal, Disnakertrans Jabar Usul Pengurangan Jam Kerja Buruh

Baca Juga: Disnakertrans Jabar Sebut Jumlah PHK di 2022 Hanya 4.800 Karyawan 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya