Polisi Pastikan Yosep Eksekutor Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang 

Yosep tidak sendirian dalam melakukan eksekusi pembunuhan

Bandung, IDN Times - Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jawa Barat memastikan kasus pembunuhan ibu dan anak di Subang, Tuti Suhartini dan Amalia Mustika Ratu dilakukan secara berencana.

Berdasarkan hasil penyidikan terbaru, Polda Jabar memastikan satu dari lima orang tersangka memiliki peran sebagai eksekutor. Dirkrimum Polda Jawa Barat, Kombes Surawan mengatakan, satu orang pelaku eksekutor ini yaitu Yosep Hidayah.

"(Eksekutor) tidak pernah dari pengakuan dia (Yosep), tapi dari hasil penyidikan olah TKP dan sebagainya sudah mengarah ke sana (Yosep)," ujar Surawan, saat dihubungi wartawan, Kamis (26/10/2023).

1. Yosep turut dibantu empat orang pelaku lainnya

Polisi Pastikan Yosep Eksekutor Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Yosef Hidayah (kedua dari kiri), suami korban pembunuhan ibu dan anak di Subang akan mengirimkan surat ke Presiden Joko Widodo. IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski berperan sebagai eksekutor, Surawan menjelaskan, Yosep turut dibantu oleh empat orang tersangka lainnya yaitu M. Ramdanu alias Danu (keponakan Tuti), Mimin (istri kedua Yosep), Arighi Reksa Pratama (anak dari Mimin), dan Abi (anak dari Mimin).

"Ada perbantuan dari yang lain tidak mungkin sendiri. Kami analisa dari perlukaannya kemudian dari autopsinya itu tidak mungkin dilakukan sendiri," ucapnya.

2. Danu minta perlindungan LPSKA

Polisi Pastikan Yosep Eksekutor Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Ilustrasi garis polisi. (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, Surawan mengatakan, Danu sendiri sudah mengusulkan diri sebagai justice collaborator (JC) untuk membantu kepolisian dalam mengungkap semua kronologi peristiwa pembunuhan ini.

Dia menambahkan, Danu juga sudah mengusulkan perlindungan pada Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Adapun pada Selasa (25/10/2023) lembaga perlindungan saksi itu sudah mewawancarai Danu dan penyidik.

"Kami menyampaikan kepada LPSK bahwa peran Danu dalam kasus ini kan sangat penting. Intinya sangat membantu kita," ungkap dia.

3. Kasus ini mulai terungkap setalah dua orang tersangka menyerahkan diri

Polisi Pastikan Yosep Eksekutor Pembunuhan Ibu dan Anak di Subang Ilustrasi TKP (IDN Times/Aditya Pratama)

Untuk diketahui, kasus pembunuhan ibu dan anak di Kabupaten Subang ini telah berjalan dua tahun lebih. Polda Jabar baru bisa mengungkap kasus itu setelah Yosep Hidayah dan Danu menyerahkan diri secara langsung.

Kemudian, kepolisian langsung melakukan penyidikan dan menetapkan tiga orang tersangka lainnya yaitu Mimin, Arighi, dan Abi. Polisi menilai ketiganya turut berperan melakukan pembunuban.

Baca Juga: Golok dan Ponsel Tersangka Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Masih Nihil

Baca Juga: Kronologi Pembunuh Ibu dan Anak di Subang Menyerahkan Diri

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya