Lantik Pj Bupati dan Walkot, Bey Pesan Jaga Kondusivitas Pemilu

Pj Bupati dan Wali Kota diminta jaga netralitas ASN

Bandung, IDN Times - Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Triadi Machmudin, resmi melantik tiga Kepala Daerah yakni Bupati Karawang, Pj Bupati Kuningan, dan Pj Wali Kota Banjar, di Gedung Sate Bandung, senin (4/12/2023).

Tiga nama yang resmi dipilih menjadi Pj bupati dan wali kota kota ini yaitu Aep Syaepuloh sebagai Bupati Karawang yang sebelumnya menjabat Wakil Bupati Karawang; Kepala Kesbangpol Jabar, Raden Iip Hidajat sebagai Pj Bupati Kuningan; dan Kepala Dinsos Jabar Ida Wahidah Hidayati yang dilantik menjadi Pj Wali Kota Banjar.

1. Kepala daerah diminta netral dalam Pemilu 2024

Lantik Pj Bupati dan Walkot, Bey Pesan Jaga Kondusivitas Pemilu(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dalam sambutannya, Bey meminta kepada ketiga kepala daerah yang baru saja dilantik itu, untuk dapat menjalankan tugasnya dengan baik.

Selain itu, dia meminta seluruh kepala daerah untuk tetap menjaga kondusivitas serta netralitas ASN. Apalagi, Jabar sudah mendeklarasikan Pemilu Anteng dan juga Akur.

"Maka dimohon agar deklarasi tersebut tidak hanya seremoni, tapi juga diterapkan dalam pelaksanaannya," ucapnya.

2. Pj Bupati dan Wali Kota harus pastikan ASN netral di Pemilu 2024

Lantik Pj Bupati dan Walkot, Bey Pesan Jaga Kondusivitas Pemilu(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Selain menjaga kondusivitas, Bey mendorong agar Pj bupati dan wali kota tetap menjaga netralitas ASN selama Pemilu 2024. Sebab aparatur sipil negara tidak diperbolehkan terlibat dalam politik praktis dan harus netral.

"Bapak ibu yang dilantik hari ini, harus dapat menjamin pelaksanaan pemilu 2024 dengan aman damai dan lancar dan jaga netralitas dari ASN, TNI, dan Polri," katanya.

3. Bey minta jaga amanah rakyat

Lantik Pj Bupati dan Walkot, Bey Pesan Jaga Kondusivitas PemiluPj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bey mengatakan, menjadi penjabat bupati dan wali kota harus bekerja dengan baik dan menuntaskan amanah. Kemudian, dia berpesan agar tetap menjadi pemimpin yang mendengar dan merespons kebutuhan masyarakat serta berperan aktif dalam pembangunan berkelanjutan yang berwawasan lingkungannya.

"Selamat atas pelantikan hari ini, dan diharapkan tetap menjalani tugasnya dengan amanah dengan penuh integritas, transparansi, dan keberlanjutan," kata dia.

Baca Juga: Serikat Buruh Gugat Keputusan UMK 2024 oleh Bey Machmudin ke PTUN

Baca Juga: Bey Machmudin Tetapkan UMP Jabar 2024 Naik Jadi Rp2 Juta

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya