Gagal Jadi Cawapres, Pengamat: Ridwan Kamil Lebih Cocok Maju DKI

Gaya kepemimpinan RK cocok di DKI Jakarta dibanding Jabar

Bandung, IDN Times - Pengamat Politik Universitas Padjajaran (Unpad), Firman Manan menilai Mantan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil alias RK lebih cocok maju dalam Pilgub DKI Jakarta, usai tak terpilih sebagai Cawapres di Pilpres 2024.

Menurutnya, pilihan maju di Pilgub DKI Jakarta lebih cocok untuk Ridwan Kamil dibandingkan maju dalam periode kedua di Jawa Barat. Sebab karakteristik dan gaya RK lebih tepat diaplikasikan di Ibu Kota Indonesia.

"Jadi opsi untuk RK itu kan tinggal di level pemilihan gubernur. Nah, apakah akan di Jawa Barat untuk dua periode yang kalau sejauh ini memang lebih manageable untuk dimenangkan atau Pilgub DKI," ujar Firman, Senin (23/10/2023).

1. Maju putaran kedua di Jabar tidak bisa langsung menang

Gagal Jadi Cawapres, Pengamat: Ridwan Kamil Lebih Cocok Maju DKIGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Firman mengatakan, jika RK memilih periode kedua di Jawa Barat pun tidak bisa menjamin kemenangan begitu saja. Sebab hal itu harus tetap mempertimbangkan siapa saja lawannya di Pilgub Jabar nantinya.

"Ya kalau medan pertarungan yang lebih sudah teridentifikasi, ya di Jawa Barat. Walaupun tidak ada jaminannya, saya tidak mengatakan Jawa Barat itu mudah untuk dimenangkan, tapi tentu RK sudah lebih bisa lebih mengidentifikasi, memetakan di Jawa Barat," katanya.

2. Kepemimpinan RK lebih cocok di DKI Jakarta

Gagal Jadi Cawapres, Pengamat: Ridwan Kamil Lebih Cocok Maju DKIGubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Melihat gaya kepemimpinan RK dan kemampuan dibidang Arsitektur, Firman mengungkapkan, mantan Wali Kota Bandung ini sangat tepat untuk maju di Pilgub DKI Jakarta dibandingkan Jabar.

"Tetapi kalau kita bicara passion-nya RK sebagai yang punya karakter pemimpin perkotaan dan kewenangannya relatif lebih luas yaitu di Pilgub DKI. Otoritasnya juga lebih besar dibandingkan dengan gubernur Jawa Barat," katanya.

3. Ridwan Kamil harus tetap di Partai Golkar

Gagal Jadi Cawapres, Pengamat: Ridwan Kamil Lebih Cocok Maju DKIGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Firman menambahkan, untuk mengambil dua pilihan ini, RK harus tetap berperan dan memperjuangkan Partai Golkar untuk meraih banyak suara. Hal ini dikarenakan perolehan kursi akan turut menentukan pengusungan calon gubernur.

"Golkar itu di Pileg, nanti di bulan Februari 2024 akan mendapatkan suara relatif signifikan. Saya pikir tidak akan keluar dari tiga atau empat besar. Dan itu kan modal untuk maju dalam Pilgub," kata dia.

Baca Juga: Pemprov Jabar Bakal Keluarkan Pergub Transportasi Massal Aglomerasi

Baca Juga: Pemprov Jabar Pastikan SOR Arcamanik Bisa Digunakan Kegiatan Politik

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya