Ema Sumarna Disebut Cocok Jadi Pj Wali Kota Bandung

Kinerja Ema Sumarna selama jadi Plh diklaim terbukti

Bandung, IDN Times - Nama Penjabat atau Pj Wali Kota Bandung terpilih masih belum diumumkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Saat ini ada tiga nama yang sudah diusulkan oleh lembaga legislatif. 

Tiga nama yang diusulkan oleh DPRD Kota Bandung ini yaitu; Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar, Dedi Supandi, Plh Wali Kota Bandung, Ema Sumarna, dan Guru Besar Bidang Keamanan Dalam Negeri Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Unpad Prof. Muradi.

1. Ema Sumarna disebut kuncen Kota Bandung

Ema Sumarna Disebut Cocok Jadi Pj Wali Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Dari tiga nama itu, Rektor Universitas Islam Nusantara (Uninus) Obsatar Sinaga mengatakan, Ema Sumarna lah yang paling memahami Kota Bandung. Apalagi Ema sudah banyak membuktikan beberapa kerjanya selama mengemban jabatan saat ini.

"Dari tiga nama yang diusulkan DPRD Kota Bandung, semua memiliki kapasitas mumpuni. Namun Ema saya rasa sudah menjadi kuncen Bandung sejak zaman Wali Kota Dada Rosada, kemudian Oded M. Danial, dan telah bertugas pada sederet jabatan strategis lainnya," ucap Obsatar kepada wartawan pada Rabu (23/8/2003).

2. Ema Sumarna tergolong cepat hadapi persoalan kota

Ema Sumarna Disebut Cocok Jadi Pj Wali Kota BandungIDN Times/Humas Bandung

Obsatar menilai, Ema Sumarna mempunyai naluri kerja yang sudah terasah tajam. Ketika Wali kotanya tersandung perkara hukum, ia langsung tancap gas menangani dan menyelesaikan permasalahan kota.

"Mulai dari penataan TPS (Tempat Pembuangan Sementara) hingga ke tempat pembuangan akhir sampah, semua dilakukan dengan cepat," ungkapnya.

3. Pj Wali Kota Bandung akan ditentukan oleh Kemendagri

Ema Sumarna Disebut Cocok Jadi Pj Wali Kota BandungPlh Walkot Bandung Ema Sumarna. IDN Times/Debbie Sutrisno

Meski begitu, pengangkatan Pj Wali Kota Bandung ini sepenuhnya wewenang hak prerogratif presiden melalui Kemendagri. Obi mengatakan, Ema Sumarna memiliki kapasitas untuk menjadi Pj dan memimpin Kota Bandung setahun ke depan.

"Itu sepenuhnya hak prerogatif Presiden melalui Kemendagri. Namun sekali lagi saya katakan, Ema Sumarna memiliki pengalaman mumpuni di pemerintahan, apalagi dia adalah kuncennya orang Bandung," katanya.

Baca Juga: KPU Bandung Waspadai Kerawanan Pemilu Usai Lengsernya Plh Wali Kota

Baca Juga: Kata Ahli, Hanya Dua Nama Pj Wali Kota Bandung Yang Berhak Diangkat 

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya