200 Orang Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Anies Baswedan

Dukungan juga diberikan ke Koalisi Perubahan dan Persatuan

Bandung, IDN Times - Sebanyak 200 orang relawan yang tergabung dalam Forum Purnawirawan TNI-Polri Untuk Perubahan (FP2) mendeklarasikan dukungannya kepada Bakal Calon Presiden (Bacawapres) Anies Baswedan.

Dewan Penasihat sekaligus Koordinator Wilayah Jabar FP2, Laksamana Madya (Purn) Dedi Muhibah Pribadi mengatakan, dukungan ini diberikan tidak hanya pada Anies Baswedan, melainkan pada koalisi partai pendukung.

"Purnawirawan TNI Polri sepakat untuk mendukung Koalisi Perubahan dan Persatuan atau KPP yang terdiri dari Partai NasDem, Demokrat dan PKS yang mengusung Anies Rasyid Baswedan sebagai presiden tahun 2024," ujar Dedi di Kota Bandung, Selasa (8/8/2023).

1. Kondisi Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja

200 Orang Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Anies BaswedanRelawan Anies Baswedan yang tergabung di dalam Go-Anies memakaikan jaket kuning ke Anies Baswedan. (Dokumentasi Relawan Anies)

Menurutnya, dukungan terhadap Anies dan KPP dilatarbelakangi dengan kondisi bangsa saat ini. Sosok Anies diyakininya dapat menyelesaikan persoalan itu dan memberikan kemajuan untuk Indonesia.

"Negara kita ini dalam kondisi yang tidak baik-baik saja, hanya orang cerdik dan mempunyai jiwa kebangsaan yang tinggi, menggunakan hati nurani dan menggunakan akal sehatlah yang peka terhadap situasi tersebut," jelasnya.

2. Pancasila saat ini hanya sebatas ucapan di bibir saja

200 Orang Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Anies Baswedan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Dedi menjelaskan, berdasarkan kondisi terkini ada beberapa kelompok mulai terdeteksi membuat gerakan yang hendak menggantikan Pancasila menjadi Trisila, bahkan Ekasila. Sehingga, hal ini harus ditangani dengan baik.

"Pancasila sebagai ideologi negara seolah hanya di bibir saja, dalam kehidupan sehari-hari jauh dari nilai Pancasila bahkan terbesit ada sekelompok yang ingin mengganti Pancasila dengan Trisila dan Ekasila," katanya.

3. Anies dinilai tepat berpasangan dengan AHY

200 Orang Purnawirawan TNI-Polri Deklarasi Dukung Anies Baswedan(IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Kemudian, Koordinator FP3 Letnan Jenderal TNI (Purn), Ediwan Prabowo mengatakan, sosok yang pantas mendampingi Anies di Pilpres 2024 yaitu AHY. Menurutnya, AHY sangat tepat untuk dipinang sebagai Bacawapres.

"Bagi kami, di mata kami, bapak AHY tentu sangat memenuhi kriteria tersebut," kata Ediwan.

Sedangkan, Anies Baswedan yang dihadirkan secara daring mengaku sangat bersyukur dan berbangga hati sudah banyak kelompok masyarakat khususnya Punawirawan TNI-Polri yang mendukung dirinya untuk menjadi presiden ke-8 Indonesia.

"Kami merasa sangat bersyukur, kami sangat berbangga ketika mengetahui bahwa ibu dan bapak telah menjadi bagian yang akan memanggul bersama misi ini, menjadi bagian yang akan mengikhtiarkan pelaksanaan misi ini," kata Anies.

Baca Juga: Safari Politik Bareng Anies, AHY Pastikan Demokrat Tak Pindah Koalisi

Baca Juga: Anies Baswedan dan AHY Bertemu di Bandung, Pilihan Wapres Mengerucut?

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya