TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Status Siaga Bencana Geohidrometeorologi Ditetapkan di Kota Cimahi

Status itu berlaku hingga tahun depan

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Cimahi, IDN Times - Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi menetapkan status siaga darurat bencana geohidrometeorologi dari 16 November 2023 hingga 31 Mei 2024. Status tersebut ditetapkan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana di musim peralihan ini.

"Kami sudah menetapkan status siaga darurat bencana geohidrometeorologi per tanggal 16 November 2023 sampai 31 Mei 2024," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, Fitryandi Kurniawan saat dihubungi, Kamis (7/12/2023).

1. Penetapan status siaga bencana mengacu ke rilis BMKG

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Andi, sapaan Fitriandy menjelaskan penetapan status siaga bencana itu sudah melalui berbagai pertimbangan, di antaranya data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang saat ini memasuki musim peralihan dari kemarau ke penghujan sehingga berpotensi terjadinya cuaca ekstrem.

"Dasar penetapan SK rilis BMKG prakiraan musim hujan wilayah Jawa Barat, kondisinya sama wilayah Bandung Raya," ujar Fitriandy.

Berdasarkan hasil pemetaan, Kota Cimahi ini rawan terjadinya berbagai bencana geohidrometeorologi. Dari mulai banjir, longsor, angin puting beliung, angin kencang, curah hujan ekstrem, hingga gempa bumi.

"Kami akan mengantisipasi keadaan curah hujan yang cukup ekstrem ini. Kenapa ada geo, karena kita antisipasi juga bencana gempa bumi dari Sesar Lembang," ujarnya.

2. BPBD Kota Cimahi lakukan persiapan

(Bangkit Rizki/IDN Times)

Sebagai persiapan menghadapi siaga darurat bencana ini, BPBD Kota Cimahi akan mengawalinya dengan melakukan apel gabungan bersama stakeholder terkait. Perbaikan peralatan juga sudah dilakukan seperti alat pompa air dan mesin senso.

"Kita juga siapkan aktivasi posko, persiapan peralatan ditingkatkan seperti perbaikan dan sebagainya dan tentu saja koordinasi dengan pihak lain," Andi.

Andi mengimbau masyarakat Kota Cimahi untuk tidak panik menghadapi peralihan musim ini, meski dirinya meminta untuk tetap waspada. Dia mengatakan personel BPBD akan siaga 24 jam.

"Untuk masyarakat tetap waspada menghadapi potensi cuaca ekstrem ini. Tetap beraktivitas seperti biasa dan jangan panik, namun tetap waspada," ujarnya.

Berita Terkini Lainnya