NasDem Usulkan Sekda Kota Cimahi Ikut Bertarung di Pilkada 2024

Dikdik jadi bakal calon wali kota tunggal dari Partai NasDem

Cimahi, IDN Times - Partai NasDem Kota Cimahi, Jawa Barat mengusulkan Dikdik Suratno Nugrahawan yang merupakan Sekretatris Daerah (Sekda) Kota Cimahi untuk menjadi bakal calon wali kota. Namanya sudah diserahkan ke DPP Partai NasDem.

Ketua DPD Partai NasDem Kota Cimahi Enang Sahri Lukmansyah mengatakan, Sekda Kota Cimahi itu merupakan satu-satunya bakal calon wali kota yang diusulkan NasDem Kota Cimahi ke DPP. Keputusan itu sudah diplenokan di DPW Partai NasDem Jawa Barat.

"Kami mengusung Pak Dikdik untuk menjadi Calon Wali Kota Cimahi. Sudah diplenokan di provinsi dan tinggal menunggu keputusan dari DPP," kata Enang saat dihubungi, Minggu (19/5/2024).

1. NasDem Cimahi tunggu rekomendasi DPP

NasDem Usulkan Sekda Kota Cimahi Ikut Bertarung di Pilkada 2024Ketua DPD Partai NasDem Kota Cimahi, Enang Sahri Lukmansyah. (Istimewa)

Enang mengatakan, keputusan Partai NasDem Kota Cimahi mengusulkan Dikdik untuk bertarung di Pilkada 2024 sudah bulat. Meskipun dia menyebutkan bisa saja diperjalanan terjadi perubahan nama karena alasan tertentu.

Partai NasDem Kota Cimahi berharap rekomendasi untuk Dikdik bisa segera diterbitkan DPP Partai NasDem akhir bulan ini. "Maksimal tanggal 30 Mei itu sudah ada rekomendasi dari DPP. (Perubahan) Namanya politik bisa saja, tapi kita komitmen tetap Pak Dikdik menjadi calon wali kota dari NasDem," ucap Enang.

2. Alasan NasDem usulkan Dikdik

NasDem Usulkan Sekda Kota Cimahi Ikut Bertarung di Pilkada 2024Sekda Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan (Rizki/IDN Times)

Enang pun membeberkan alasan Partai NasDem mengusulkan Dikdik di Pilkada Kota Cimahi. Pertama, kata dia, raihan kursi Partai NasDem di Pileg 2024 tak memungkinkan untuk partai yang dimpimpin Ketua Umum Surya Paloh itu mengusu kader sendiri sebagai Calon Wali Kota Cimahi.

Kemudian, Partai NasDem menilai Dikdik memiliki pengalaman dan kemampuan yang mempuni untuk menjadi kepala daerah. Terlebih dia sebelumnya pernah menjabat sebagai Penjabat (Pj) Wali Kota Cimahi selama satu tahun. Enang menyebutkan belum ada nama lain yang lebih baik dari Dikdik.

"Berdasarkan analisa untuk saat ini Pak Dikdik masih yang terbaik memimpin Kota Cimahi, dengan pengalaman pernah jadi Pj, Sekda sudah empat tahun cukup bagus. Belum ada nama lain yang lebih baik yang muncul, jadi kami memutuskan Pak Dikdik untuk jadi calon Wali Kota Cimahi," sebut Enang.

3. NasDem jajaki koalisi dengan partai lain

NasDem Usulkan Sekda Kota Cimahi Ikut Bertarung di Pilkada 2024Ilustrasi kampanye politik (IDN Times/Yosafat Diva Bayu Wisesa)

Selain calon wali kota, Partai NasDem Kota Cimahi juga mengusulkan dua nama untuk menjadi wakilnya yakni Indra Sukmana Itoc Tochija dan Gia Darmagia. Namun, keputusan pendamping Dikdik nantinya akan dibicarakan dengan partai koalisi.

Enang melanjutkan hingga kini Partai NasDem sudah melakukan komunikasi politik dengan sejumlah partai seperti PKS, PPP, Partai Golkar hingg Partai Gerinda untuk membahas Pilkada 2024. Meski begitu, dia menegaskan belum ada keputusan soal koalisi.

"Belum ada koalisi permanen, tapi kami sedang menjalin dengan beberapa partai, sudah ketemu dengan pengurus PKS, Golkar, PPP, Gerindra, besok dengan Demokrat," kata Enang.

Selain Partai NasDem, Dikdik juga sebelumnya sudah mendapat tugas dari Partai Golkar sebagai Bakal Calon Wali Kota Cimahi. Kepastian nama yang akan diusung Partai Golkar nantinya di Pilkada Kota Cimahi akan ditentukan oleh hasil dari lembaga survei.

Baca Juga: Jelajah Jejak Belanda dan Film Nana di Rumah Jagal Hewan Cimahi

Baca Juga: Pilkada di Cimahi Dipastikan Tanpa Pasangan Jalur Independen

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya