TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Pengamat Sebut Ridwan Kamil Harus Maju di Pilpres 2024

Jabar harusnya menjadi rebutan semua koalisi

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Bandung, IDN Times - Guru Besar Komunikasi Politik, Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Karim Suryadi mendorong Ridwan Kamil alias RK untuk maju ke Pilpres 2024 mewakili Jawa Barat. Dorongan dilakukan karena ada beberapa alasan.

Menurut Karim, dengan jumlah pemilih mencapai 17,4 persen, Jawa Barat harus punya wakil di kancah politik nasional. Tidak hanya itu, Jawa Barat memiliki modal kuat untuk membawa Indonesia melompat jauh, yakni ekonomi kreatif dan ekonomi digital.

"Sebab, secara teori Jawa Barat mestinya menjadi rebutan koalisi manapun," ujar Karim saat mengisi seminar #ngobroldiPR dengan topik Keterwakilan Jawa Barat di Pentas Politik Nasional, dikutip Selasa (10/10/2023).

1. Ridwan Kamil tokoh Jabar yang moncer

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Karim menilai, saat ini Jawa Barat punya tokoh yang cukup moncer dalam hasil survei, dan punya kedekatan dengan generasi muda, sekaligus sudah terbukti melakukan pendekatan yang pas dengan kebutuhan ekonomi saat ini.

"Kalau saya sebut misalnya nama Ridwan Kamil. Fakta misalnya survei (Ridwan Kamil moncer) gitu ya. Kemudian dari sisi pembangunan dan lain-lain," ucapnya.

2. Jabar jadi role model penentuan kebijakan

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (IDN Times-Azzis Zulkhairil)

Karim mengakui, tidak ada satu pun yang bisa menjamin dapat meraih semua suara di Jawa Barat secara bulat. Pun demikian daerah lain seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Namun, saat ini ada tokoh di Jawa Barat yang sudah memiliki pengalaman panjang mengelola daerah dengan jumlah penduduk paling tinggi.

"Ketika saya menuntut keterwakilan Jawa barat itu bukan hanya pandangan buta, berdasar jumlah penduduk jumlah pemilih. Tapi memang solusi model, role model dalam pengambilan solusi ada di sini juga," katanya.

Baca Juga: Ultah Ke-52, 7 Potret Ridwan Kamil dan Istri Touring di Italia

Baca Juga: 7 Momen Romantis Ridwan Kamil dan Istri Liburan Berdua Saja ke Turki

Berita Terkini Lainnya