Tiga Bacapres Bakal Dialog Kebangsaan di Kampus Unpar Pekan Ini

Sebelumnya mereka sudah melakukan hal serupa di UGM

Bandung, IDN Times - Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) mengundang tiga tokoh politik yang digadang-gadang sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) pada Pemilu 2024 nanti dalam Rangkaian Kuliah Umum bertajuk “Dialog Kebangsaan: Peran Pemuda dalam Masa Depan Politik Indonesia”.

Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Prabowo Subianto diundang untuk menjadi pemateri utama dalam Rangkaian Kuliah Umum yang akan berlangsung di Auditorium PPAG UNPAR.

Dalam hal ini, Ganjar Pranowo mengonfirmasi kehadirannya untuk menjadi pemateri pada Rabu (11/10/2023). Sementara untuk Anies Baswedan dan Prabowo Subianto, UNPAR masih menunggu konfirmasi kehadiran kedua tokoh tersebut untuk menjadi pemateri dalam rangkaian selanjutnya pada Sabtu (14/10/2023).

Dialog Kebangsaan ini akan berupa dialog akademis yang dipandu oleh Mangadar Situmorang (Rektor UNPAR periode 2015-2019 dan 2019- 2023) sebagai moderator.

“Ini akan menjadi platform penting bagi mahasiswa untuk mendengarkan pandangan dan berinteraksi dengan para Bacapres. Mahasiswa juga bisa langsung mengajukan pertanyaan tentang isu-isu yang mereka anggap penting dalam Pemilihan Presiden 2024 nanti, yang dapat menjadi referensi bagi mereka dalam berpartisipasi dalam masa depan politik Indonesia,” ujar Rektor UNPAR Prof Tri Basuki Joewono, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (10/10/2023).

1. Pemilu 2024 akan jadi era pemilih baru

Tiga Bacapres Bakal Dialog Kebangsaan di Kampus Unpar Pekan IniIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Tri yakin melalui Dialog Kebangsaan ini, Perguruan Tinggi juga berkontribusi dalam mewujudkan pendidikan politik. Mahasiswa, lanjutnya, perlu dilibatkan secara aktif untuk mengawal pesta demokrasi pada Pemilu 2024 nanti. Perlu diketahui, Bawaslu telah memprediksi pemilih muda pada Pemilu 2024 bisa menembus angka 60 persen. Dengan kata lain, Pemilu 2024 akan menjadi era para mahasiswa dan pemilih pemula untuk memberikan suara.

“Kami yakin bahwa melalui pendidikan politik seperti ini, mahasiswa akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang pentingnya partisipasi politik mereka dalam mengambil bagian aktif demi masa depan Indonesia,” tuturnya.

2. Kegiatan aktif dan inklusif di kalangan mahasiswa sangat penting

Tiga Bacapres Bakal Dialog Kebangsaan di Kampus Unpar Pekan IniIlustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Menurutnya, terdapat berbagai tantangan jika bicara partisipasi politik di Indonesia, khususnya ketika menyoroti partisipasi mahasiswa dan pemilih muda atau pemula. Sejumlah tantangan yang penting untuk dihadapi di antaranya adalah pemahaman politik yang mungkin kurang memadai, kurangnya minat dalam berpartisipasi aktif dalam kegiatan politik, atau rasa ketidakpuasan terhadap proses politik yang ada.

Kegiatan pendidikan politik yang lebih aktif dan inklusif di kalangan mahasiswa menjadi sangat penting untuk meningkatkan partisipasi mereka dalam pemilihan presiden dan politik secara umum.

“Pilpres adalah salah satu momen paling krusial dalam kehidupan politik Indonesia, di mana kita memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan memimpin negara ini untuk lima tahun mendatang," kata dia.

3. Pemilih muda harus punya sikap kritis

Tiga Bacapres Bakal Dialog Kebangsaan di Kampus Unpar Pekan Iniradioidola.com

Tri menilai, dalam proses demokrasi ini, peran pemuda, terutama mahasiswa, sangat penting. Mereka adalah agen perubahan yang membawa semangat segar, gagasan inovatif, dan pandangan yang berbeda dalam proses pengambilan keputusan. Oleh karena itu, penting untuk memahami dan memperkuat peran mahasiswa dalam proses politik dan Pilpres 2024.

Melalui Dialog Kebangsaan ini diharap mampu mendorong mahasiswa dan pemilih muda untuk terlibat aktif dalam politik, memiliki sikap kritis yang berdasar, akademis dan membangun. Serta berkontribusi dalam membentuk masa depan politik yang lebih baik dan memastikan suara mereka memiliki dampak signifikan dalam Pemilu 2024.

“Melalui Dialog Kebangsaan ini pula, kami berharap dapat mengurangi Polarisasi Politik. Pendidikan politik yang baik, dapat membantu mengurangi polarisasi politik dengan mengedukasi mahasiswa tentang berbagai perspektif politik dan mendorong diskusi yang berbasis bukti dan argumen kuat,” ucapnya.

Baca Juga: 3 Bacapres Kompak ke Surabaya, Janjian Atau Kebetulan?

Baca Juga: Polri Terbitkan Empat SKCK Bacapres dan Bacawapres untuk Pilpres 2024

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya