Comscore Tracker

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira Ditunda

Robert Rene tak suka gim ditunda.

Bandung, IDN Times – Usai mengalahkan Persipura Jayapura dengan skor telak 3-0, Persib mulai mempersiapkan diri jelang pertemuannya dengan PS Tira Persikabo. Pertemuan kedua tim yang sejatinya digelar pada Kamis (23/5), kemungkinan besar akan diundur karena Persib, sebagai tuan rumah, tak mengantongi izin kepolisian.

Menurut General Coordinator Panitia Pelaksana (Panpel) Persib, Budi Bram Rachman, timnya tak mendapat rekomendasi kepolisian untuk menggelar partai kontra PS Tira Persikabo pada 23 Mei 2019. Persib, kata dia, sudah menerima surat keputusan resmi dari Polisi Resor Kabupaten Bandung soal penolakan izin pertandingan.

1. Alasannya masalah keamanan

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira DitundaIDN Times/Galih Persiana

Budi tak menjelaskan secara pasti mengapa rekomendasi tersebut tak diterbitkan Polres Kabupaten Bandung. Pasalnya, yang tahu secara pasti soal penolakan tersebut tentu pihak kepolisian.

Namun, berdasarkan surat yang ia terima, polisi tak menerbitkan rekomendasi karena alasan seputar keamanan pertandingan. “Tapi, bukan karena tidak aman. Lebih kepada personel keamanannya banyak ditempatkan di beberapa daerah lain, tidak hanya di wilayah Bandung. Itu saja, mungkin,” kata dia, kepada wartawan usai pertandingan Persib vs Persipura berakhir.

2. Permohonan sudah dilakukan sejak lama

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira DitundaIDN Times/Galih Persiana

Permohonan tersebut bukan baru diajukan oleh Persib. Budi bercerita, ia telah mengirimkan surat permohonan izin pertandingan versus PS Tira Persikabo bersamaan dengan mengurus perizinan pertandingan versus Persipura Jayapura, yang terpaut lima hari.

“Ya, sebetulnya masalah izin bukan wewenang kami, lah. Kami sudah mengajukan, kami sudah menyampaikan permohonan juga dari jauh hari,” ujar Budi.

3. Segera menyurati PT. LIB

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira DitundaIDN Times/Galih Persiana

Dengan demikian, Budi mengaku telah menyurati operator liga, yakni PT. Liga Indonesia Baru, terkait penolakan tersebut. Surat resmi kepolisan itu pun menjadi salah satu lampiran dari surat yang mereka kirimkan ke PT. LIB.

“Status pertandingannya sudah kami serahkan. Kami juga meminta permohonan penjadwalan ulang,” tuturnya.

4. Persib memastikan tidak akan menggunakan stadion lain

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira DitundaIDN Times/Galih Persiana

Menyurati PT. LIB dan memohon penjadwalan ulang adalah sikap yang tepat bagi Persib. Budi mengaku, manajemen Maung Bandung tak mempersiapkan pemindahan stadion agar mendapat kesempatan tampil dari kepolisian di daerah lain selain wilayah Bandung Raya.

“Pindah home base? belum terpikir ke sana. Kami fokus di Bandung saja. Itu kami serahkan ke operator, biar nanti penjadwalan ulang seperti apa ditentukan oleh operator itu sendiri,” ujarnya.

5. Robert Rene tak suka gim ditunda

Polisi Tak Siap, Laga Persib vs PS Tira Ditundawww.ayobandung.com

Budi mengatakan bahwa tidak ada pilihan bagi Persib untuk menyesal atas keputusan tersebut. Bagaimana pun, polisi memiliki hak untuk tidak memberikan izin pertandingan dengan alasan yang baik.

Namun, pelatih Persib, Robert Rene Albert, sedikit kecewa dengan keadaan itu. “Saya tidak suka ada gim ditunda,” katanya, saat menggelar jumpa pers di waktu yang sama.

Dengan demikian, kata Robert, ia akan meminta skuatnya untuk fokus pada pertandingan kontra Semen Padang yang rencananya digelar pada Rabu, 29 Mei 2019, di Stadion H. Agus Salim, Padang. “Kami akan nantikan kapan jadwal baru (dirilis). Kami akan fokus ke Semen Padang. Besok kami akan libur, dan setelahnya akan berlatih untuk menjadi yang lebih baik,” tutur Robert.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You