Comscore Tracker

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan Pelatih

Persipura tampil dengan gugup, kata sang pelatih

Bandung, IDN Times – Persib Bandung membuka Liga 1 2019 dengan mantap, setelah mereka berhasil membungkus kemenangan atas Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Sabtu (18/5). Atas hasil itu, Persipura mengakui keunggulan Maung Bandung dan mengungkapkan alasan mengapa mereka harus mengalah.

Pelatih Persipura, Luciano Leandro, mengatakan jika penampilan skuat Mutiara Hitam tak sesuai dengan apa yang ia dan tim pelatih harapkan. Bahkan, ketidaksempurnaan strategi tersebut sudah bisa dilihat Leandro sejak awal mula pertandingan berlangsung.

Bagaimana penilaian Leandro pada timnya?

1. Persipura gugup sejak awal

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan PelatihTwitter/@Kawattimur1

Menurut Leandro, skuatnya terlihat gugup sejak awal pertandingan. Kondisi seperti itu tentu tak sesuai dengan harapannya.

Meski demikian, Leandro sebenarnya sudah memprediksi bahwa timnya bakal kerepotan di laga tandan tersebut. “Kami sedikit nervous (gugup), seperti yang kami lakukan waktu uji coba dan latihan kemarin,” kata Leandro, kepada wartawan dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan, di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung.

2. Dampak dari penampilan gugup

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan Pelatihwww.jawapos.com

Akibat demam panggung, tentu bukan hanya membuat strategi tak berjalan sempurna, melainkan pula pemain yang kehilangan konsentrasi selama berjalannya pertandingan. Salah satunya, kata Leandro, skuat Persipura yang tampak terburu-buru dalam menyusun serangan.

“Bola memang harus jalan cepat, tapi jangan buru2. Itu kesalahannya,” tuturnya.

Leandro tidak menjelaskan apa yang membuat mereka bermain gugup. Padahal, Persipura diisi oleh beberapa pemain senior—yang semestinya tak lagi mengalami demam panggung—seperti Boaz Solossa dan Ricardo Salampessy.

3. Kekalahan adalah sebuah pelajaran

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan PelatihANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Namun, meski jauh-jauh terbang ke Bandung dan menuai kekalahan, Persipura menyikapinya dengan bijak. Mereka berpikir bahwa kekalahan perlu mereka alami, untuk menemukan ramuan yang pas guna mengarungi pertandingan selanjutnya.

“Ke depan kami harus memberikan yang terbaik. Untuk pertandingan berikut, saya rasa kami bisa lebih bagus,” tuturnya.

4. Segera evaluasi pemain dan strategi

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan PelatihIstimewa

Leandro juga menjelaskan, bahwa ia akan pulang dengan bekal video pertandingan untuk dikaji menjelang pertandingan kontra Persela Lamongan pada 22 Mei 2019. Lewat video tersebut, Leandro berharap mendapat nilai evaluasi yang tepat untuk diberikan pada skuatnya.

“Kami akan lihat video, dan mencari di mana letak kesalahannya. Mudah-mudahan ke depannya kami punya hasil yang besar,” katanya.

5. Fokus ke pertandingan selanjutnya

Mengapa Persipura Kalah dari Persib? Ini Alasan Pelatihpssi.org

Gelandang Persipura, Ronaldo Mesido, mengakui apa yang dikatakan pelatihnya. Namun, ia tak memilih berlarut-larut dalam kekalahan. Saat ini, kata dia, yang lebih penting ialah mencurahkan konsentrasi untuk laga selanjutnya.

“Itulah hasilya. Memang Persib hari ini beruntung dapat tiga poin. Ini adalah evaluasi bagi kami, dan kami akan konsentrasi untuk pertandingan kami yang berikutnya,” ujar Ronaldo, di saat yang sama.

Topic:

  • Yogi Pasha

Just For You