TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Dugaan Polisi Soal Penyebab Ricuh Bobotoh Vs Steward 

Tidak ada korban jiwa atas kekacauan ini

IDN Times/Istimewa

Bandung, IDN Times - Kericuhan terjadi antara Bobotoh dan steward sesaat setelah laga Persib vs Persija di Stadion Si Jalak Harupat (SJH), Kabupaten Bandung, Senin (23/9/2024). Dalam video di media sosial terlihat Bobotoh turun ke lapang dan memukuli sejumlah steward yang berjaga.

Terkait hal ini, Kapolresta Bandung Kombes Kusworo mengatakan, setelah laga usai terjadi dorong-dorongan antara Bobotoh dengan steward. Mereka kemudian masuk ke lapangan dan melakukan pemukulan, bahkan sampai ada yang melemparkan kursi kepada steward.

"Kami langsung koordinasi dengan pengendali SSO (Steward Security Officer). Kemudian pasukan kami, TNI Polri langsung masuk berdasarkan permintaan dari SSO," kata Kusworo.

Ketika aparat masuk ke lapangan hanya dalam 10 menit kerusuhan ini dapat dilerai. Bobotoh pun diminta kembali ke tribun dan pulang dengan tertib.

"Alhamdulillah tidak ada masalah dan tidak ada korban," kata dia.

Mengenai alasan jelas Bobotoh menyerang steward, Kusworo belum bisa memastikannya karena itu hanya diketahui anggota steward yang diduga sempat ada perselisihan ketika laga Persib melawan Port FC. Dia menilai ada kekecewaan dari Bobotoh pada steward yang berjaga dalam laga sebelum melawan Persija.

Dari pantauan IDN Times, sebelum kejadian tersebut, sesaat ketika laga hampir berakhir para Bobotoh baik di tribun utara dan selatan menyalakan flare. Benda tersebut lantas dilemparkan kepada para steward yang berjaga di sekitar tribun. Tak sedikit para fotografer pun lantas berpindah tempat dari belakang gawang menghindari flare tersebut.

Tak lama usai kericuhan tersebut, sejumlah pemain Persib yang menyayangkan aksi tersebut, salah satunya Nick Kuipers. Dalam unggahan di Instagram story dia cukup kesal dengan aksi oknum bobotoh yang merusak citra Persib.

"Setelah membawa gelar juara ke Bandung dan menang dari Persija, mengapa kita tidak aman bahkan di stadion kita sendiri? Sepak bola adalah permainan yang paling indah di dunia-ini dimaksudkan untuk membawa kegembiraan, menyatukan teman, keluarga, dan orang-orang! Minggu ini merupakan kehilangan besar bagi kita semua. Inilah saatnya untuk menyadari bahwa kita semua memiliki tujuan yang sama. Kita seharusnya menjadi satu klub, satu tim, bersatu dalam warna biru," ujar Nick.

Di sisi lain, dia juga mengunggah tulisan "-3" dan menautkan akun Persib dalam Instagram story miliknya.

Baca Juga: Kisruh Pasca Laga Persib vs Persija, PSSI Lempar Bola Panas

Berita Terkini Lainnya