Iwan Bule Incar Pemain Berkualitas dari Piala KSAD Liga Santri 2022

18 tim sepak bola pesantren se-Indonesia siap berkompetisi

Bandung, IDN Times - Piala KSAD Liga Santri PSSI 2022 resmi dibuka Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman di Stadion Merdeka, Jombang, pada Senin (20/6) sore.

Sebanyak 18 tim sepak bola pesantren se-Indonesia bakal berkompetisi mulai Senin, 20 Juni 2022 hingga 7 Juli 2022 mendatang.

Ketum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, Liga Santri ini diharapkan mampu menghasilkan pemain berkualitas yang dikemudian hari bisa memperkuat tim nasional.

“Kita lihat kiper Nadeo Argawinata, Witan Sulaiman, Evan Dimas dll. Mereka semua pernah jadi santri. Kini mereka menjadi pemain nasional,” kata Iriawan dalam keterangan tertulis yang diterima IDN Times, Selasa(21/6/2022).

1. Piala KSAD Liga Santri 2022 dimeriahkan atraksi pesawat udara

Iwan Bule Incar Pemain Berkualitas dari Piala KSAD Liga Santri 2022IDN Times/Istimewa

Piala KSAD Liga Santri 2022 yang resmi bergulir ini dimeriahkan atraksi udara pesawat TNI-AL, marching band dari SMA Taruna Brawijaya, Kediri, dan Taruma Akademi Militer, Magelang.

Hadir dalam pembukaan itu Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawangsa, Ketum PSSI Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi, Exco Haruma Sumitro, dan Ahmad Riyadh.

Dalam laga pembuka itu mempertemukan santri asal Pondon Pesantrem Tebu Ireng , Jombang dan Pesantren Bahrum Ulum, Tambak Beras, Jombang.

2. Babak kualifikasi dimulai dari tingkat kabupaten kota

Iwan Bule Incar Pemain Berkualitas dari Piala KSAD Liga Santri 2022IDN Times/Istimewa

Dalam Liga Santri ini, babak kualifikasi akan dimulai di tingkat kabupaten/kota kemudian naik ke provinsi dan kemudian ke tingkat nasional. Turnamen ini akan diambilalih penyelenggaraanya oleh PSSI.

Di Jawa Barat,  terdapat 12 tim dari pesantren-pesantren yang telah lolos verifikasi. 4 tim dari pesantren Kota Tasikmalaya dan 8 tim dari pesantren di Kabupaten Tasikmalaya. 

3. Penutupan Liga Santri berlangsung di Gelora Bung Karno

Iwan Bule Incar Pemain Berkualitas dari Piala KSAD Liga Santri 2022IDN Times/Istimewa

Rencananya, penutupan Liga Santri 2022 akan digelar di Stadion Gelora Bung Karno dan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Liga Santri Nusantara (LSN) adalah kompetisi sepak bola tingkat nasional yang pesertanya berasal dari pesantren seluruh Indonesia, setelah melalui babak kualifikasi.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya