5 Top Skorer Sepanjang Masa Persib Bandung, Da Silva Puncaki Daftar

David Da Silva ibarat mesin gol

Persib Bandung adalah klub yang memiliki sejarah panjang di sepak bola Indonesia. Klub berjuluk Maung Bandung itu telah menorehkan berbagai prestasi, baik dari era Perserikatan atau setelah bergabung dengan Galatama menjadi Liga Indonesia. Persib tercatat meraih gelar juara sebanyak tujuh kali.

Prestasi membanggakan tersebut tentu tidak lepas dari striker-striker hebat yang mereka miliki. Lima pemain di bawah ini merupakan striker tertajam yang dimiliki oleh Persib Bandung sepanjang sejarah.

Siapa saja mereka? Berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Hilton Moreira cetak 33 gol untuk maung bandung

Hilton Moreira adalah mantan pemain Persib Bandung yang direkrut pada 2008/2009. Ia bukanlah pemain yang asing di dunia sepak bola Indonesia. Hilton Moreira telah mencicipi banyak klub berbeda di Indonesia, yaitu Deltras Sidoarjo, Persib Bandung, Sriwijaya FC, dan Persipura Jayapura. Sang pemain sendiri sudah gantung sepatu sejak 2020 lalu.

Bersama Persib, Hilton Moreira tampil cukup memuaskan. Ia telah mengemas 33 gol selama kariernya untuk Maung Bandung. Hilton kerap dianggap sebagai penyerang mematikan pada eranya.

2. Ezechiel N'douassel pernah menjadi andalan Persib Bandung

5 Top Skorer Sepanjang Masa Persib Bandung, Da Silva Puncaki DaftarEzechiel N'douassel (twitter.com/liga1match)

Ezechiel N'douassel adalah striker asal Chad yang direkrut Persib pada 2017/2018 lalu. Ia dikenal karena posturnya yang tinggi besar dan sering menang duel udara. Keunggulannya Itu dibuktikan dengan catatan yang brilian bersama Persib. N'douassel telah mencetak 36 gol dari semua laga yang ia mainkan untuk Maung Bandung.

Ezechiel N'douassel sampai sekarang masih aktif bermain di Indonesia. Ia kini bermain untuk klub liga 2, FC Bekasi City. Torehannya pun masih konsisten dengan mencetak enam gol dari enam pertandingan di Liga 2 2023/2024.

3. Cristian Gonzales menunjukkan ketajamannya bersama Persib

Cristian Gonzales adalah salah satu penyerang yang cukup akrab dengan Liga Indonesia. Ia telah bermain untuk banyak klub berbeda di Indonesia. Beberapa klub yang pernah dibela Cristian Gonzales adalah PSM Makassar, Persik Kediri, Persib Bandung, Persisam Samarinda, Arema Cronus, Madura United, PSS Sleman, PSIM Yogyakarta, dan RANS FC. 

Bersama Maung Bandung, Gonzales menjadi andalan dengan mencetak 40 gol dari semua penampilannya. Ia pun sempat dijuluki 'El Loco' yang berarti si gila.

Julukan tersebut disematkan karena ketajamannya dalam mencetak 249 gol di sepakbola Indonesia.  

4. Sutiono Lamso mencetak 41 gol untuk Persib Bandung

Sutiono Lamso adalah striker andalan Persib pada era Perserikatan. Lebih detailnya, ia membela Persib pada 1994-1999. Selama masa itu pula, Sutiono Lamso mencetak 41 gol untuk Persib Bandung.

Torehan Sutiono Lamso bertahan hingga dua dekade lebih lamanya. Bahkan, striker sekelas Cristian Gonzales tidak mampu memecahkan rekornya di Persib Bandung.

Karena itulah, sang pemain dianggap sebagai salah satu legenda terbaik bagi Maung Bandung. 

5. David Da Silva memecahkan rekor milik Sutiono Lamso

5 Top Skorer Sepanjang Masa Persib Bandung, Da Silva Puncaki DaftarDavid Da Silva (instagram.com/davidasilva14)

Setelah bertahan lebih dari dua dekade, rekor milik Sutiono Lamso akhirnya dipecahkan oleh David Da Silva. Pemain asal Brasil tersebut kini sudah menorehkan 42 gol dari seluruh penampilannya untuk Persib Bandung.

Bahkan, Da Silva kini masuk dalam daftar top skor sementara Liga 1 2023/2024. Ia sejauh ini mencetak sebelas gol dan dua assist dari 16 pertandingan.

David Da Silva sendiri dikabarkan memiliki kontrak yang berakhir pada Desember mendatang, namun ia tampaknya akan memperpanjang kontraknya bersama Persib Bandung.

Pasalnya, Da Silva menjadi mesin gol utama Maung Bandung di bawah asuhan Bojan Hodak. Jika demikian, maka ia berpeluang besar untuk menambah rekornya.

Persib Bandung adalah klub yang kaya akan sejarah. Daftar-daftar pemain top di atas telah membuktikannya.

Menurutmu, apakah rekor yang kini dipegang oleh Da Silva akan bertahan lama atau justru dipecahkan pemain lain di masa depan?

Sumber Rujukan

https://persib.co.id/article-details/david-da-silva-pencetak-gol-terbanyak-persib-sejak-era-liga-indonesia

https://twitter.com/persib/status/1349295126506582022

Ridwan Photo Community Writer Ridwan

Zzz

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya