Comscore Tracker

Liliyana Natsir: Olympian yang Kini Jadi Host ‘Tektokan ala Butet’

Liliyana memang ingin keluar dari zona nyaman

Bandung, IDN Times – Setelah bertahun-tahun menjadi kebanggaan Indonesia untuk ajang bulu tangkis internasional, kini eks pebulu tangkis putri Liliyana Natsir alias Butet menjadi host dalam sebuah talkshow bernama Tektokan ala Butet. Acara tersebut menjadi pembeda bagi chanel YouTube PB Djarum yang memang sudah eksis sejak lama.

Tidak ada yang menyangka bahwa Butet ternyata pandai berkata-kata, layaknya seorang pembaca acara profesional. Sejauh ini Butet telah mengundang sederet pebulu tangkis nasional untuk menjadi bintang tamu dari programnya, yang mana tentu merupakan juniornya ketika masih menjadi atlet.

Bagaimana pengalaman Butet untuk menjadi host profesional di depan lensa kamera?

1. Upaya untuk berkontribusi terus buat bulu tangkis Indonesa

Liliyana Natsir: Olympian yang Kini Jadi Host ‘Tektokan ala Butet’badmintonindonesia.org

Selain membahas seputar dunia bulutangkis, mulai dari awal karier hingga menjalani hari-hari sebagai atlet, Liliyana juga mengulik kehidupan pribadi setiap bintang tamunya. Bahkan, beberapa kabar daripada para atlet tepok bulu Indonesia itu jarang menjadi sorotan media massa

Menurut Butet, program tersebut merupakan upayanya dalam memberikan kontribusi lain bagi industri bulu tangkis Indonesia. “Melalui program ini, saya ingin memberi kontribusi di dunia bulu tangkis, meskipun saya suda tidak aktif lagi sebagai pemain,” tutur Liliyana, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Selasa (18/5/2021).

2. Pebulu tangkis perlu disemangati di tengah pandemik COVID-19

Liliyana Natsir: Olympian yang Kini Jadi Host ‘Tektokan ala Butet’Liliyana Natsir (IDN Times/Istimewa)

Di sisi lain, lanjut Butet, program ini pun merupakan caranya dalam memberi semangat bagi para pebulu tangkis Indonesia di tengah pandemik COVID-19 yang belum juga usai. Bagaimana lagi, pandemi memang membuat berbagai jadwal turnamen bulutangkis baik di level nasional maupun mancanegara mengalami penundaan.

Tak hanya itu, lewat program tersebut Liliyana pun ingin menguji dirinya untuk berani keluar dari zona nyaman. “Waktu itu sempat kepikiran bikin sesuatu yang fresh dan bisa jadi kesibukan yang positif. Akhirnya ngobrol sama tim media sosial PB Djarum. Gayung bersambut, tercetuslah Tektokan Ala Butet,” katanya.

3. Butet mengaku tegang di syuting pertamanya

https://www.youtube.com/embed/9xr-Um52LJU

Peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 ini mengakui sempat kesulitan menjadi pembawa acara. Bagi Butet, menjadi host dalam program talkshow merupakan tantangan tersendiri sepanjang hidupnya.

Ketegangan saat pertama kali syuting sama halnya seperti ia harus membawa medali emas untuk Tanah Air saat berlaga di turnamen internasional. Namun karena ingin menyuguhkan konten yang menghibur serta edukatif bagi penonton, dirinya menjalani proses persiapan yang cukup matang.

"Ternyata tampil di depan kamera sebagai host sangat berbeda. Saya sudah biasa diwawancara tapi sekarang justru saya yang mewawancarai. Tantangannya banyak ya, mulai dari harus menguasai materi yang dibahas maupun background narasumber, mengolah kata-kata yang tepat, lalu persiapan mental dan penampilan,” katanya.

4. Partnernya, Tontowi Ahmad, jadi bintang tamu Tektokan ala Butet

Liliyana Natsir: Olympian yang Kini Jadi Host ‘Tektokan ala Butet’www.allenglandbadminton.com

Salah satu episode yang menarik adalah ketika Butet mengundang partner ganda campurannya, Tontowi Ahmad. Meski seringkali bertemu dan mengetahui secuplik kisah kehidupan satu sama lain, ternyata ada saja pembahasan menarik yang baru terungkap dalam video berdurasi 35 menit tersebut.

Misalnya ketika momen Tontowi menyampaikan unek-uneknya kepada Butet yang terpendam lama, hingga hobi baru pria yang resmi gantung raket pada 18 Mei 2020 itu.

“Yang tak kalah penting juga walaupun bintang tamunya adalah orang yang cukup saya kenal baik, tetapi saya tetap harus menyiapkan bahan pertanyaan yang menarik serta harus observasi,” ungkap Liliyana.

Selain Tontowi Ahmad, mantan duet Liliyana di sektor ganda putri di era 2006 - 2010 yaitu Vita Marissa diundang menjadi bintang tamu #TektokanAlaButet episode 2. Perbincangan keduanya terasa begitu hangat dan menarik, bahkan sampai menghabiskan durasi satu jam lebih.

"Saya berharap #TektokanAlaButet dapat menjadi tontonan yang menghibur dan dapat menularkan energi positif. Karena bintang tamu yang dihadirkan juga adalah mereka-mereka yang memiliki segudang prestasi dan telah banyak mengharumkan nama bangsa di kancah dunia,” katanya.

Baca Juga: Bagi Tontowi Ahmad, Liliyana Natsir Selalu Jadi Pemain Terbaik!

Baca Juga: Sempat Galau Sebelum Pensiun, Tontowi Ahmad Curhat ke Liliyana Natsir

Baca Juga: Perjuangan Liliyana Natsir Awal Jadi Atlet Hingga Raih Banyak Gelar

Topic:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya