Comscore Tracker

PSSI Kebut Perbaikan Stadion Si Jalak Harupat Jelang Piala dunia U-20

Maksimal pada Februari 2021 pengerjaan venue rampung

Bandung, IDN Times - Ketua Umum PSSI M. Iriawan bersama Bupati Bandung Dadang Naser meresmikan penggunaan Lapang Latih atau Soccer Training Sabilulungan Si Jalak Harupat (SJH).

Iriawan menuturkan, peresmian lapangan ini sekaligus menjadi pertanda bahwa gelaran Piala Dunia Usia (U)-20 siap dilakukan di Indonesia.

Menurutnya, persiapan piala dunia ini dibagi ke dalam tiga bagian. Pertama, persiapan penyelenggara di mana leading sector-nya kementerian pemuda dan olahraga (kemenpora) RI. Kedua, persiapan venue utama di mana saat ini sudah ada kandidat 6 stadion termasuk SJH.

"Selain pemda (pemerintah daerah) melakukan revitalisasi, venue ini menjadi tanggungjawab Kementerian PUPR (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). PSSI sendiri mempersiapkan bagian ketiga, yaitu dari sisi tim nasionalnya. Ketiga bagian itu, secara simultan terus dibenahi,” ucap Iriawan melalui siaran pers, Rabu (22/7/2020).

1. Kekurangan fasilitas stadion hanya mencapai 20 persen

PSSI Kebut Perbaikan Stadion Si Jalak Harupat Jelang Piala dunia U-20Antaranews/Raisan Al Farisi

Stadion utama kandidat venue even akbar setelah piala dunia senior itu, kata Iriawan, rata-rata cukup bagus. Kekurangannya hanya di kisaran 10 persen sampai 20 persen.

"Ada revitalisasi di beberapa bagian stadion, termasuk ruang ganti, single seat, ruang wasit, media center hingga jalan akses,” katanya pula.

2. Paling lambat pada Februari 2021 perbaikan ini selesai

PSSI Kebut Perbaikan Stadion Si Jalak Harupat Jelang Piala dunia U-20Antaranews/Raisan Al Farisi

Pada bulan Desember atau maksimal Februari, diperkirakan persiapan harus sudah selesai. Dikarenakan adanya pandemik COVID-19, rencana perbaikan bisa saja terganggu,

"Namun yang jelas pengerjaannya akan dikebut, agar maksimal Februari bisa selesai,” kata dia,

Di sisi lain, Iriawan menyampaikan, rencananya pada bulan Oktober mendatang, Kompetisi Shopee Liga 1, 2 dan 3 akan digelar Oktober mendatang.

“Kompetisi kita harus bergulir. Ini penting, untuk menyampaikan kepada dunia, bahwa era new normal di Indonesia sudah dijalankan. Juga sebagai bukti kesiapan Indonesia, gelar Piala Dunia U-20,” katanya.

3. Pemkab Bandung akan ikut serta dalam pembenahan SJH

PSSI Kebut Perbaikan Stadion Si Jalak Harupat Jelang Piala dunia U-20Instagram/igpersib

Sementara itu, Dadang Naser mengatakan, pihaknya senantiasa membenahi sarana dan prasarana yang ada, agar menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 tahun 2021 yang baik sesuai standar FIFA.

“Kalau dibutuhkan satu lapang latih lagi, kami sudah persiapkan lahannya,” ujar Dadang.

Ke depannya, lapang latih tersebut terbuka untuk umum. Ia juga mempersilakan Persib untuk berlatih di lapang bertaraf internasional tersebut. Penggunaan rumput sintetis di lapang itu, dipilih dengan mempertimbangan pada efisiensi pemeliharaan.

“Pemeliharaan rumput sintetis, jauh lebih murah dibandingkan jenis rumput di stadion utama SJH. Dibuka untuk umum dan ada sisi komersialnya, itu untuk kepentingan pemeliharaan juga.

Menurutnya, ada beberapa venue lain selain sepakbola yang juga harus dikelola dengan baik. Dalam tata ruang kawasan Jalak Harupat itu, telah dipersiapkan seluas 250 hektar untuk pembinaan prestasi atlit.

Baca Juga: PSSI Panggil Empat Pemain PSM untuk Kualifikasi Piala Dunia

Topic:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya