Pocari Sweat Run Bandung, Adu Kuat Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil di 10K

Ganjar finish 1 jam 22 menit, Ridwan Kamil finish COT

Bandung, IDN Times - Pocari Sweat Run Indonesia 2022 berlangsung sukses di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/7/2022). Sebanyak 5.000 peserta dari 167 kota ikut lari secara offline dan 13.601 peserta dari 311 kota di Indonesia dilakukan secara virtual.

Dari ribuan peserta ini terdapat Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya. 

Dengan kaos biru "Pocari Sweat" dan topi, Ridwan Kamil berhasil menyelesaikan lari berjarak 10 kilometer dengan waktu 1 jam 46 menit. Meskipun melebihi batas waktu atau cut of time (COT), Kang Emil berhasil membawa medali Pocari Sweat Bandung Marathon.

"Lari 10 kilo aman, cuma saya kena COT ngak apa-apa, biar beri kesempatan kepada pelari nikmati bandung" ujar Kang Emil, saat diwawancara MC setibanya di garis finish.

1. Ganjar Pranowo ungguli Ridwan Kamil di 10K

Pocari Sweat Run Bandung, Adu Kuat Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil di 10KIDN Times/Eko Ardiyanto

Berbeda dengan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Dengan semangat, Ganjar mampu menyelesaikan lari 10K dalam waktu 1 jam 22 menit di garis finish mengalahkan Ridwan Kamil. Ganjar terlihat berlari bersama Wali Kota Bogor Bima Arya.

"Wah, saya juara ini. Aman lari 10 kilo" kata Ganjar sesampainya di finish bersamaan dengan Wali Kota Bogor Bima Arya.

Di akun instgaram @ganjar_pranowo, Gubernur Jawa Tengah ini juga memberikan support kepada istrinya yang ikut lari Full Marathon. Ganjar juga mengajak para pelari untuk ikut Borobudur Marathon yang rencananya berlangsung pada 12-13 November mendatang di Magelang.

2. Sebanyak 5.000 runner ikut Pocari Sweat Bandung 2022 secara offline

Pocari Sweat Run Bandung, Adu Kuat Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil di 10KIDN Times/Eko Ardiyanto

Kegiatan Pocari Sweat Bandung Marathon 2022 ini merupakan kali pertama yang digelar secara offline di saat pandemik COVID-19. Sebanyal 5.000 peserta ikut dalam bergagai kategori seperti full marathon, half marathon, dan 10 kilometer. Sebelumnya, kegiatan serupa hanya diikuti peserta terpilih dengan jumlah pelari terbatas.

Runner Pocari Sweat Indonesia 2022 ini disuguhi rute menarik di Kota Bandung. Panitia mengajak para pelari untuk melihat bangunan-bangunan bersejarah yang ada di Kota Bandung. 

"Ada cerita begini, barang siapa yang menyelenggarakan acara kelima kalinya dengan konsisten, maka akan panjang umurnya. Kalau konsisten selama lima tahun, menurut teorinya, itu pasti akan jadi legendaris," kata Ridwan Kamil.

Dia pun senang karena antusiasme masyarakat untuk mengikuti event lari dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal itu mendorong pihaknya untuk terus mendukung event-event tersebut.

"Kami terus dukung juga, dan saya sangat senang antusiasmenya itu makin hari makin meningkat, dan biasanya hitungan menit pendaftaran langsung habis," ucapnya.

(Eko Ardiyanto)

3. Sportourism, geliatkan pertumbuhan ekonomi Kota Bandung

Pocari Sweat Run Bandung, Adu Kuat Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil di 10KIDN Times/Diskominfo Kota Bandung

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai berbagai aktivitas di Kota Bandung saat ini cukup berjalan baik. Meskipun masih pandemik COVID-19, Pemerintah Kota Bandung tetap mematuhi aturan untuk menghindari penyebaran virus.

Seperti halnya acara olah raga yang besar, kali ini dilaksanakan di Kota Bandung yaitu Pocari Sweat Run 2022. Lomba lari tahunan ini banyak diikuti pelari dari seluruh Indonesia.

"Alhamdulillah hari ini bisa menghadiri Pocari Sweat Run. Kegiatan dilaksanakan secara hybrid dengan jumlah peserta 18 ribu dan untuk offline sekitar 5.000 peserta," kata Yana di sela-sela kegiatan Pocari Sweat Run 2022, di Gedung Sate, Minggu 24 Juli 2022.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi, lanjutnya, banyak peserta berasal dari luar Kota Bandung. Hal itu bisa meningkatkan okupansi hotel.

"Kami lihat peserta banyak dari luar Bandung. Semoga ikut mendongkrak pariwisata Kota Bandung," tuturnya.

Baca Juga: Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport Tourism

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya