Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport Tourism

Banyak wisatawan datang ke Bandung ikuti kegiatan ini

Bandung, IDN Times - Sebanyak 18.000 peserta mengikuti kegiatan Pocari Sweat Run Indonesia 2022 di Gedung Sate, Kota Bandung, Minggu (24/7/2022). Terdapat 5.000 peserta dari 167 kota berlari secara offline di Kota Bandung, dan 13.601 peserta dari 311 kota di Indonesia lari secara virtual.

Gubernur Ridwan Kamil dan sejumlah kepala daerah di Jabar pun ikut meramaikan acara ini seperti Wali Kota Bandung Yana Mulyana dan Wali Kota Bogor Bima Arya. Hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

"Tahun ini memecahkan rekor yang daftar dan terdaftar kurang lebih 18.000 ribu pelari," kata Emil.

Setelah membuka acara tersebut, Emil turut berlari dalam kategori 10K.

1. Berkeliling bangunan bersejarah

Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport TourismIDN Times/Istimewa

Rute lari Pocari Sweat Run Indonesia 2022 akan mengitari bangunan-bangunan bersejarah di Kota Bandung. Emil berterimakasih karena kegiatan ini sudah beberapa kali dilakukan dan menjadi rutinitas tahunan.

"Ada cerita begini, barang siapa yang menyelenggarakan acara kelima kalinya dengan konsisten, maka akan panjang umurnya. Kalau konsisten selama lima tahun, menurut teorinya, itu pasti akan jadi legendaris," kata dia

Dia pun senang karena antusiasme masyarakat untuk mengikuti event lari dari tahun ke tahun terus meningkat. Hal itu mendorong pihaknya untuk terus mendukung event-event tersebut.

"Kita terus dukung juga, dan saya sangat senang antusiasmenya itu makin hari makin meningkat, dan biasanya hitungan menit pendaftaran langsung habis," ucapnya.

2. Pariwisata Bandung ikut terdongkrak

Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport TourismIDN Times/Istimewa

Wali Kota Bandung, Yana Mulyana menilai berbagai aktivitas di Kota Bandung saat ini cukup berjalan baik. Meskipun masih pandei COVID-19, Pemerintah Kota Bandung tetap mematuhi aturan untuk menghindari penyebaran virus.

Menurutnya, kegiatan seperti ini dapat membantu memulihkan pertumbuhan ekonomi. Apalagi banyak peserta berasal dari luar Kota Bandung. Hal itu bisa meningkatkan okupansi hotel.

"Kita lihat peserta banyak dari luar Bandung. Semoga ikut mendongkrak pariwisata Kota Bandung," tuturnya.

Yana berharap, kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin.

3. Kegiatan lari dilakukan secara hybrid

Pocari Sweat Run, Langkah Mengggeliatkan Ekonomi Lewat Sport TourismIDN Times/Istimewa

Pocari Sweat Run 2022, yang sudah mencapai tahun ke-9 ini membawa konsep hybird, yaitu menggabungkan antara konsep virtual event dengan offline event.

Adapun konsep ini dihadirkan untuk menjawab keinginan masyarakat yang tak sabar untuk berlari bersama di Kota Bandung secara offline.

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya