Dukung Ketahanan Pangan, Askar Kauny Bangun Ponpes Agropreneur di Subang

Pesantren ini diharapkan bisa bangun kewirausahan santri

Subang, IDN Times - Askar Kauny bekerja sama dengan Yayasan Desa Hijau Sejahtera (Yayasan SAHIRA) dan Institut Pertanian Bogor segera mendirikan Pesantren Pemuda Al Hikmah dengan konsep agropreneur. Pembangunan ditandai dengan peletakan batu pertama (Ground Breaking) di Kabupaten Subang, Rabu(27/10/2021).

Acara peletakan batu pertama ini dihadiri Wakil Bupati Subang, Agus Masykur Rosyadi, Wakil Rektor bidang Internasionalisasi, Kerjasama dan Hubungan Alumni IPB, Prof Dodik Ridho Nurrochmat serta Pembina Yayasan Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo.

1. Berdiri di atas lahan 2 hektare dengan berbasis teknologi dan energi terbarukan

Dukung Ketahanan Pangan, Askar Kauny Bangun Ponpes Agropreneur di SubangEnergi Baru Terbarukan di Bendungan Jatibarang Semarang_Bendungan Jatibarang_Dhana Kencana (IDN Times/Dhana Kencana)

Pembina Yayasan Askar Kauny Ustadz Bobby Herwibowo mengatakan, konsep Pesantren Al Hikmah yang berbasis Agropreneur diharapkan bisa meningkatkan produktivitas santri baik, mendukung ketahanan pangan berbasis teknologi, kewirausahaan, ekowisata dan energi terbarukan.

“Insyaallah di atas tanah 2 hektare dari total 15 hektare tanah wakaf ini kami akan membangun bagaimana anak-anak muda yang sudah hafizh, bertakwa, rajin ibadah, saleh, sekaligus kita berikan skill agropreneur,” ujar Ustadz Bobby

2. Diklaim berada di lahan tersubur di dunia

Dukung Ketahanan Pangan, Askar Kauny Bangun Ponpes Agropreneur di SubangDesa indah

Pesantren Pemuda Al Hikmah berlokasi di Desa Cisampih – Kecamatan Dawuan, Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat. Tempat tersebut sangat cocok bagi pengembangan agropreneur yang menjadi keunggulan masyarakat Indonesia.

"Tanah di Subang dan Jawa Barat umumnya menurut informasi dari Gubernur Jawa Barat termasuk salah satu tanah paling subur di dunia. Jadi kami harapkan santri juga berkontribusi terhadap program ketahanan pangan nasional. Dimulai dari sini," ujar Ustadz Bobby

3. Santri pemuda harus lebih produktif di keluarga dan lingkungan

Dukung Ketahanan Pangan, Askar Kauny Bangun Ponpes Agropreneur di SubangIDN Times/Istimewa

Bobby mengatakan, lahirnya pesantren Pemuda Agropreneur ini begitu penting untuk meningkatkan pengamalan ajaran Islam dalam keseharian santri pemuda. Peran santri harus lebih produktif kelak di keluarga dan lingkungannya dalam bidang agrobisnis terpadu.

"Pada masterplan yang sudah disepakati, juga akan dibangun Masjid Al Hikmah Sahira. Selain itu ke depannya Pesantren Al-Hikmah Kauny tidak hanya diperuntukkan untuk pendidikan para santri, melainkan juga para lansia yang ingin belajar Al-Qur’an dan keilmuan Islam lainnya," tuturnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim Perda Pesantren Bisa Sejahterakan Santri dan Kyai 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya