Profil Andri Setiawan Hamami, Pengusaha Jadi Wakil Wali Kota Sukabumi

Mantan mahasiswa hukum yang pernah gagal jadi wali kota

Sukabumi, IDN Times - Andri Setiawan Hamami merupakan Wakil Wali Kota Sukabumi yang saat ini menjabat. Ia mendampingi Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi untuk masa jabatan 2018–2023.

Andri Hamami adalah adik kandung dari Bupati Sukabumi periode 2021–2026 Marwan Hamami. Karier politik dari pria yang akrab disapa Bang Andri ini dimulai ketika ia bergabung dengan Partai Golkar dan ikut berkontestasi di Pilwalkot 2013.

Meski latar belakang pendidikannya adalah magister hukum, namun karier Andri Hamami lebih moncer sebagai seorang pengusaha. Pada Pilwalkot 2013, harta kekayaannya bahkan tercatat melebihi Rp69 miliar dan menjadi calon wali kota terkaya saat itu.

1. Profil Andri Setiawan Hamami

Profil Andri Setiawan Hamami, Pengusaha Jadi Wakil Wali Kota Sukabumi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami (andrihamami.sukabumikota.go.id)

Nama: H. Andri Setiawan Hamami, S.H., M.H.

Tempat dan tanggal lahir: Sukabumi, 25 Maret 1966

Pasangan: Dra. Hj. Indera Nur Iskandar

Agama: Islam

Partai politik: Partai Demokrat

Pekerjaan: Politikus

Almamater: S-1 di Universitas Parahyangan dan S-2 di Universitas Padjajaran

Baca Juga: Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota Sukabumi

2. Tumbuh dengan jiwa pengusaha sejak muda

Profil Andri Setiawan Hamami, Pengusaha Jadi Wakil Wali Kota Sukabumi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami (kanan) dan PLT Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi, Hudi Kodir Wahyu (kiri) (portal.sukabumikota.go.id)

Sebelum bergelut di bidang politik praktis, Andri Hamami lebih dulu melanglang buana sebagai pengusaha sejak muda. Jiwa pengusahanya rupanya mengalir dari sang kakek, yakni H Oting, seorang pengusaha sarung karet dan kain batik pada zaman pendudukan Jepang. Selain ilmu bisnis, Andri Hamami juga banyak belajar tentang perjuangan dan kerja keras dalam kehidupan dari sang kakek.

Ilmu yang diperoleh Andri Hamami sebagai mantan mahasiswa hukum juga turut memberi andil pada kesuksesannya dalam mengelola berbagai perusahaan sebagai pemegang jabatan strategis.

Beberapa perusahaan beserta jabatan yang pernah diemban Andri Hamami, yaitu:

  1. Direktur Utama PT. Kujang Mas Utama (1992);
  2. Direktur Utama PT. Marinas Permata Niagatama (2007);
  3. Direktur Utama PT. Triguna Marinas Utama (2008);
  4. Direktur Utama PT. Energi Berkat Cemerlang (2008-2011);
  5. Direktur Utama PT. Sukabumi Mitra Gasindo (2008); dan
  6. Komisaris PT. Sari Tani Sukabumi (2008).

3. Sempat gagal di Pilwalkot Sukabumi 2013

Profil Andri Setiawan Hamami, Pengusaha Jadi Wakil Wali Kota Sukabumi Wakil Wali Kota Sukabumi Andri Setiawan Hamami (portal.sukabumikota.go.id)

Berbekal pengalaman memimpin perusahaan dan DPD Golkar Sukabumi membuat Andri Hamami percaya diri maju sebagai calon wali kota pada Pilwalkot 2013. Meski belum berhasil menang, nama Andri Hamami tidak lantas tenggelam. Ia cukup sering dibicarakan di bursa calon kepala daerah Sukabumi setelahnya.

Tidak ingin menyerah, Andri Hamami kembali mendaftarkan diri pada Pilwalkot 2018 sebagai calon wakil wali kota dan kali ini diusung oleh Partai Demokrat. Ia menemani Achmad Fahmi yang maju sebagai calon wali kota. Pada kontestasi pemilihan kepala daerah tersebut, pasangan Achmad-Andri berhasil menggaet hati masyarakat.

Achmad-Andri menang Pilwalkot 2018 dengan perolehan 84.245 suara. Pelantikan Achmad-Andri sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi periode 2018–2023 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berlangsung pada 20 September 2018.

Selama dinahkodai Achmad dan Andri, kota Sukabumi berhasil menorehkan banyak prestasi, di antaranya

  • Penghargaan Pelaporan Implementasi Germas Terbaik dalam Rangka Hari Kesehatan Nasional Tahun 2022 dari Gubernur Jawa Barat;
  • Dua penghargaan It Works pada acara Top Digital Award 2022;
  • Dua penghargaan dari Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Barat tahun 2022;
  • Dua penghargaan untuk penyelenggara pelayanan publik kategori sangat baik predikat A- tahun 2021 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) tahun 2022; dan
  • Peringkat kedua pemerintah daerah dengan Realisasi Belanja Daerah Tertinggi tahun 2021 dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Dengan jargon "Sukabumi Renyah" (Religius, Nyaman, Sejahtera), pencapaian tersebut menjadi bukti atas keseriusan Pemkot Sukabumi dalam mengelola kota untuk kesejahteraan masyarakat.

Baca Juga: Progres Tol Bocimi Tersambung Sampai Sukabumi Barat pada 2024

Topik:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya