Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota Sukabumi

Bekerja dengan penuh dedikasi dan berprestasi

Sukabumi, IDN Times - Sosok Achmad Fahmi bukanlah orang baru bagi warga Kota Sukabumi. Sebelum menjabat Wali Kota Sukabumi periode 2018–2023, ia telah lama bergelut dalam politik praktis sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera hingga Wakil Ketua DPRD Kota Sukabumi.

Namun, jauh sebelum itu, Achmad Fahmi merupakan seorang karyawan perusahaan di Jakarta dan pernah mengajar di sebuah SMK di Kota Sukabumi. Mendapat perhatian dari banyak masyarakat hingga berhasil memenangkan kontestan pilkada, berikut profil Achmad Fahmi, Wali Kota Sukabumi masa jabatan 2018–2023.

1. Profil Achmad Fahmi

Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota SukabumiWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi periode 2018-2023 (portal.sukabumikota.go.id)

Nama: H. Achmad Fahmi, S.Ag., M.M.Pd.

Tempat dan tanggal lahir: Jakarta, 4 Mei 1975

Pasangan: Fitri Hayati Fahmi

Agama: Islam

Partai politik: Partai Keadilan Sejahtera (PKS)

Pekerjaan: Politikus

Almamater: IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

Baca Juga: BPJS Kesehatan Apresiasi Pemkab Sukabumi Capai Universal Health Coverage

2. Jadi kepala sekolah dan mengajar mapel agama

Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota SukabumiWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2023 Tingkat Kecamatan Lembursitu Senin (24/1/2022) (kdp.sukabumikota.go.id)

Orang nomor satu di Kota Sukabumi ini lahir dan tumbuh besar sebagai anak Jakarta. Setelah lulus dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Achmad Fahmi sempat bekerja sebagai supervisor di perusahaan alat-alat perkantoran selama 5 tahun (1997–2002).

Pria yang akrab disapa Kang Fahmi ini lalu merantau ke Kota Sukabumi dan menjadi kepala SMK Plus Bina Teknik Sukabumi, sekaligus guru mata pelajaran agama.

Selang dua tahun, Achmad Fahmi mulai terjun ke dunia politik praktis sebagai kader Partai Keadilan Sejahtera. Bermodal tekad dan wawasan, ia percaya diri nyalon dan terpilih sebagai anggota DPRD Kota Sukabumi selama dua periode, yakni periode 2004–2009 dan periode 2009–2013.

3. Memenangkan 2 kali pilkada

Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota SukabumiWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi menghadiri Rapat Evaluasi Kegiatan P2RW dan persiapan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tingkat Kelurahan 2022, di Ruang Pertemuan Kecamatan Baros, Senin (5/12/2022) (kdp.sukabumikota.go.id)

Achmad Fahmi juga sempat dipercaya oleh parpolnya menjadi Wakil Ketua DPRD. Atas kinerja dan dedikasinya selama menjadi wakil rakyat, Mohammad Muraz kemudian merangkulnya untuk nyalon di Pilkada Kota Sukabumi 2013.

Pasangan Muraz-Fahmi pun berhasil menggaet hati masyarakat Kota Sukabumi. Mereka memenangkan pilkada dengan perolehan 35,11 persen atau 55.347 suara, unggul atas tiga pasangan lainnya. Pelantikan Muraz-Fahmi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota dilaksanakan pada 13 Mei 2013.

Selang lima tahun, Achmad Fahmi diusung kembali oleh PKS maju pada Pilkada Kota Sukabumi 2018 sebagai calon wali kota. Ia ditemani Andri Setiawan Hamami dari Partai Demokrat.

Saat itu, pilkada diikuti oleh empat pasangan calon. Pasangan Fahmi-Andri berhasil mengantongi 84.245 suara dan ditetapkan oleh KPU sebagai pemenang pilkada. Pada 20 September 2018, Achmad Fahmi dan Andri Setiawan Hamami resmi dilantik Wali Kota dan Wakil Wali Kota Sukabumi periode 2018–2023 oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, di Gedung Merdeka Kota Bandung.

Baca Juga: Pilot Project Sistem Manajemen Kebocoran Air Pintar Sukses Diaplikasikan di Sukabumi

4. Perstasi selama menjabat wali kota

Achmad Fahmi, Supervisor Perusahaan yang Kini Pimpin Kota SukabumiWali Kota Sukabumi Achmad Fahmi mendapatkan penghargaan Creative Leader dari Indonesia Creative Cities Network (ICCN) dalam Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, Senin (12/12/2022) (kdp.sukabumikota.go.id)

Usai dilantik, Achmad Fahmi dan jajarannya bergerak dengan berlandaskan visi "Mewujudkan Kota Sukabumi yang Religius, Nyaman, dan Sejahtera".

Berbagai program unggulan diluncurkan dan berhasil dirasakan manfaatnya oleh warga. Program unggulannya mulai dari Puskesmas klinik sore-malam, Homecare, Rumah Singgah di Bandung, Kredit Anyelir, Gerakan Literasi, dan Sukabumi Kelurahan Entrerpreneurship Center (Kece), melansir kdp.sukabumikota.go.id.

Atas kesungguhan dalam melayani warga, Fahmi meraih penghargaan Best of The Best Figure, Wali Kota Terbaik Indonesia 2019 pada ajang The Most Inspiring and Innovatif Figure Awards 2019 versi Seven Media Asia-Asian Gloubal Council.

Selama masa kepemimpinannya, berbagai penghargaan pun berhasil dikumpulkan pemerintah Kota Sukabumi, di antaranya:

  • Manggala Karya Kencana (MKK), oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) pada 2021. MKK merupakan penghargaan tertinggi yang dianugerahkan kepada daerah atas komitmen dan dukungan pada dharma bakti dengan sungguh-sungguh dalam pelaksanaan Program Bangga Kencana.
  • Top Digital Awards 2022 yang diselenggarakan majalah It Works
  • Anugerah Meritokrasi KASN 2022, oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN)
  • Peningkatan Indeks Reformasi Birokrasi 2022 (dari Baik menjadi Sangat Baik), oleh KemenPANRB
  • Predikat Wilayah Bebas Korupsi (WBK) 2022 untuk Puskesmas Sukabumi, oleh KemenPANRB

Sementara terkai pertumbuhan ekonomi, menurut Fahmi telah menjadi kesepakatan untuk mampu ditingkatkan dengan salah satu fokusnya menciptakan wirausahawan muda.

Topik:

  • Langgeng Irma Salugiasih

Berita Terkini Lainnya