Masuk dari Tol dan Bandara, Waspada Pintu Masuk Narkoba ke Majalengka 

Polisi minta masyarakat berperan aktif lawan Narkoba

Majalengka, IDN TIMES- Mudahnya akses transportasi menuju Kabupaten Majalengka dinilai memiliki dampak negatif, yakni memudahkan peredaran narkoba. Pasalnya, para pemain dalam dunia gelap akan lebih mudah untuk memasarkan barangnya dengan memanfaatkan kemudahan akses transportasi itu.

Dengan lebih banyaknya moda transportasi, para pemain bisnis haram itu memiliki peluang lebih leluasa untuk memasarkan barangnya.

"Dengan adanya pembukaan Tol Cisumdawu serta keberadaan Bandara Kertajati tentu meningkatkan arus perpindahan masyarakat," kata Wakapolres Majalengka Kompol Bayu Purdantono saat ekspos kasus, Kamis (31/8/2023

1. Perlu peningkatan patroli petugas

Masuk dari Tol dan Bandara, Waspada Pintu Masuk Narkoba ke Majalengka Inin Nastain/ Wakapolres memasukkan barbuk untuk dimusnahkan

Melihat potensi ancaman tersebut, Wakapolres menegaskan aparat akan lebih mengaktifkan patroli. Patroli, kata dia, dinilai penting untuk mengantisipasi adanya peredaran narkoba dari luar daerah.

"Jadi bisa kita lihat kalau di mana pun, ujung di Majalengka ini berseberangan dengan daerah lain. Maka tentu akan kami perketat ke depannya pengawasan terhadap masyarakat di sini. Dalam artian apabila ada yang mencurigakan, tentu akan kami ambil tindakan tegas," kata dia.

Kendati demikian, Bayu menegaskan polisi tidak bisa bekerja sendiri. Peran serta masyarakat, jelas dia, mutlak dibutuhkan untuk memerangi peredaran itu.

"Di sini kami tidak bisa bekerja sendiri, tentu memerlukan kehadiran aktifnya masyarakat untuk memberikan informasi kepada kepolisian. Karena banyak tersangka ini berasal dari luar daerah Majalengka," ujar dia

2. Usia produktif jadi sasaran utama pengedar

Masuk dari Tol dan Bandara, Waspada Pintu Masuk Narkoba ke Majalengka Inin Nastain/ Wakapolres bersama TNI dan instansi terkait membakar obat terlarang

Dari beberapa pengungkapan kasus narkoba, kata Kompol Bayu, kalangan usia produktif diketahui menjadi sasaran utama mereka. Beberapa di antaranya yang menjadi sasaran adalah pekerja di sejumlah pabrik dan mahasiswa.

"Selama ini banyak yang dikejar oleh para pelaku itu orang yang usianya produktif. Kurang lebih banyak pekerja dan ada juga mahasiswa," tutur dia.

Disinggung soal daerah rawan penyebaran narkoba, Wakapolres menegaskan, di Kabupaten Majalengka memang belum ditemukan. Ia menegaskan temuan kasus penyalahgunaan masih cenderung merata.

"Kalau sejauh ini, daerah rawan belum ada. Secara umum masih tersebar. Tentu saja di daerah yang banyak pabrik lah," ungkap dia

3. Satu bulan, Polres Majalengka amankan tiga pengedar sekaligus barang bukti

Masuk dari Tol dan Bandara, Waspada Pintu Masuk Narkoba ke Majalengka Inin Nastain/ 3 orang tersangka penyalahgunaan Narkoba diamankan dalam kurun 1 bulan

Sementara dalam kurun waktu satu bulan, petugas dari Satres Narkoba Polres Majalengka mengamankan tiga orang pelaku penyalahgunaan narkoba. Ketiganya diketahui merupakan warga luar wilayah hukum Majalengka.

"Para pelaku adalah ET asal Sumedang, ABK dari Subang, dan MN warga Aceh," katanya.

Dari tiga orang pelaku itu, petugas juga mengamankan berbagai macam narkoba sebagai barang bukti (barbuk). Setidaknya ada sepuluh ribuan butir lebih obat terlarang. 

"Narkotikanya ada sabu, ganja, ada juga tembakau sintetis. Obat tertentu terbatas ada lima macam ya. Kurang lebih 10 ribu butir lah," kata dia.

Dalam kurun waktu satu bulan polisi mengamankan 12,31 gram sabu. Lalu ganja kering 5,59 gram, dan 42,68 gram tembakau gorila atau tembakau sintetis.

"Ada 6 ribu butir hexymer, 3894 butir Tramadol, 389 butir Dextro, 189 butir Trihex, dan 80 butir Double YY," kata Bayu Purdantono.

"MN ini pengedar obat keras yang diamankan rekan-rekan Kodim 0617/Majalengka, kemudian dilimpahkan kepada kami," lanjut Wakapolres.

Baca Juga: Cegah Penumpang Bawa Narkoba, KAI Commuter Kerja Sama dengan BNN

Baca Juga: Pimpinan Kampus di Majalengka Dukung Skripsi Bukan Syarat Lulus

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya