Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad Danial

Anak Buah BJ Habibie yang menjadi wali kota

H. Oded Muhammad Danial, S.A.P lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada tanggal 15 November 1962. Saat ini, beliau berusia 58 tahun. Oded adalah seorang politikus yang kini menjabat sebagai Wali Kota Bandung periode 2018 – 2023. Jabatannya sebagai Wali Kota Bandung didampingi oleh Yana Mulyana sebagai wakilnya.

Oded Muhammad Danial dilantik Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan mulai ditugaskan sebagai Wali Kota Bandung pada 7 September 2018.

Namun, sebelum menjabat sebagai wali kota Bandung periode 2018-2023, Oded ternyata pernah berjualan es tong-tong serta menjadi anak buah BJ Habibie bekerja di IPTN (PTDI) selama 16 tahun dan ikut terlibat dalam memproduksi pesawat.

1. Profil singkat Oded Muhammad Danial

Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad DanialHumas Pemkot Bandung

Nama lengkap: H. Oded Muhammad Danial, S.A.P.

Tempat, tanggal lahir: Tasikmalaya, 15 November 1962

Istri: Siti Muntamah

Jabatan saat ini: Walikota kota Bandung

2. Kepala rumah tangga dan orang tua warga Kota Bandung

Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad DanialIDN Times/Humas Bandung

Pria yang saat ini berusia 58 tahun ini adalah kakak dari M. Sohibul Iman yang mana merupakan presiden Partai Keadilan Sejahtera periode 2015 – 2020. Oded merupakan sosok kepala keluarga yang bertanggung jawab.

Oded memiliki istri bernama Siti Muntamah dan dikaruniai tujuh anak. Kiprahnya dalam dunia politik sangat baik. Beberapa periode, ia mendapatkan tanggung jawab untuk mengemban tugas sebagai anggota legislatif.

Selain menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Oded juga pernah menjabat sebagai Wakil Wali Kota Bandung mendampingi Ridwan Kamil pada periode 2013 – 2018.

Sosok yang bernama lengkap H. Oded Muhammad Danial S.Pd., M.A.P. ini merupakan lulusan FISIP Universitas Pasundan. Sebelum menjabat menjadi wali kota, Oded adalah anggota DPRD Kota Bandung periode 2004 – 2009 serta sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

3. Riwayat pendidikan

Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad DanialIDN Times/Humas Bandung

Oded menjalani pendidikan hingga perguruan tinggi. Oded Muhammad Danial memulai pendidikan dasarnya di SD Lengkong Tasikmalaya, kemudian melanjutkan ke sekolah menengah pertama di SMPN 1 Tasikmalaya.

Usai lulus dari sekolah menengah pertamanya, Oded melanjutkan pendidikan menengah atas ke STM Negeri Tasikmalaya. Kemudian ia melanjutkan pendidikan Strata 1 di FISIP Universitas Pasundan.

Melalui masa pendidikan yang panjang, Oded Muhammad Danial yakin memiliki kompetensi yang diperlukan untuk mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai Wali Kota Bandung yang baik.

4. Seorang politis dengan segudang pengalaman

Profil Wali Kota Bandung Oded Muhammad DanialInstagram/@mangoded_md

Oded adalah seorang politisi yang aktif berorganisasi. Kala muda, Oded Muhammad turut andil di berbagai aktivitas kemasyarakatan. Ia pernah menjabat menjadi ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS kota Bandung (2006 – 2009), ketua DPD PKS kota Bandung, ketua Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwah dan pembina Persaudaraan Seniman Bandung.

Saat masih muda, Oded aktif sebagai Pelajar Islam Indonesia dan juga Pemuda Persatuan.

Kemampuan berpolitik Oded Muhammad Danial tidak hanya didapat dari pengalaman organisasi yang pernah dimasuki. Sebelum menjabat sebagai Wali Kota Bandung, Oded juga sudah sering masuk di instansi pemerintah.

Pengaruhnya pun cukup besar. Oded pernah menjabat sebagai anggota DPRD Bandung (2009 – 2013), wakil ketua Komisi B DPRD Bandung, wakil wali kota Bandung (2013 – 2018), dan kini ia menjabat sebagai wali kota Bandung periode 2018 – 2023.

Karir politik oded Muhammad Daniel tidak semulus yang orang banyak pikirkan. Tentunya usaha akan menentukan hasil. Oded berusaha sedemikian rupa dalam mencapai tujuan yang kini ia dapatkan.

Dengan pengalaman organisasi, karir dan pendidikannya, Oded Muhammad Danial yakin dapat membantu menciptakan Kota Bandung menjadi kota yang menarik, bersih dan disiplin.

Berama dengan wakilnya, Yana Mulyana serta jajaran pejabat di bawahnya mampu mewujudkan visi dan misi yang telah direncanakan akan dapat tercapai lebih lancar. Tentunya usaha yang besar sangat dibutuhkan dalam prosesnya.

Baca Juga: Profil Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat Periode 2018-2023

Baca Juga: Profil Uu Ruzhanul Ulum, Wakil Gubernur Jawa Barat ke-13

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Wali Kota Bandung, Oded M Danial

Topik:

  • Yogi Pasha
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya