Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBB

Ada lima wilayah Jawa Barat yang terapkan PSBB hari ini

Jakarta, IDN Times - Kota dan Kabupaten Bogor, Kota dan Kabupaten Bekasi, serta Kota Depok hari ini resmi menjalankan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sama seperti Jakarta, penjagaan juga dilakukan agar masyarakat bisa taat melaksanakan PSBB.

Berikut adalah daftar lokasi penjagaan yang dilakukan di lima wilayah tersebut:

1. Ada 32 titik perbatasan di Kota Bekasi yang dijaga

Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBB(Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) berencana menerapkan sistem jalan berbayar atau Electronic Road Pricing (ERP) di tiga wilayah yaitu Jalan Kalimalang (Bekasi), Jalan Margonda (Depok) dan Jalan Daan Mogot (Tangerang) pada tahun 2020) ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Dadang Ginanjar mengatakan ada 32 titik akses perbatasan yang akan dijaga petugas gabungan saat pemberlakuan PSBB Kota Bekasi pada Rabu 15 April ini.

"Ada 32 titik perbatasan yang akan dijaga saat pemberlakuan PSBB pada rabu depan. Akan dijaga oleh petugas gabungan yang terdiri dari Dishub, Satpol PP, TNI, Polri," kata Dadang seperti dikutip dari situ resmi Pemerintah Kota Bekasi.

Adapun titik perbatasan yang akan dijaga oleh petugas meliputi, jalan akses utama, akses transportasi seperti Terminal Bus dan Stasiun, jalan alternatif menuju perbatasan.

"Akses menuju DKI dan Kota Bekasi, Akses perbatasan dengan Kota Depok, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Bekasi. Akses jalan utama (jalan protokol) seperti Kali Malang, Narogong, Cibubur, Jalan Juanda, Jalan Harapan Indah, gerbang Tol, Terminal, Stasiun dan akses jalan- jalan alternatif," jelas Dadang.

Baca Juga: Gubernur Jabar: Kalau Disiplin Saat PSBB, COVID-19 Turun di Juni

2. Sebanyak 10 kawasan di Kota Bogor dijaga ketat

Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBBPembatasan jalan di Kota Bogor selama masa PSBB (Dok. Humas Kota Bogor)

Wakil Wali Kota Bogor Dedie Rachim menuturkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dan Dinas Perhubungan Bogor untuk melalukan pengetatan arus lalu lintas di 10 kawasan.

Nantinya, setiap lalu lalang pengguna kendaraan yang melintas akan diawasi dan diperiksa polisi. Seperti mengecek apakah sudah mengenakan masker, memperhatikan physical distancing di dalam kendaraan, hingga mencari tahu keperluan keluar rumah.

“Bila tak ada keperluan mendesak, kami arahkan putar balik (pulang),” kata Dedie, Selasa.

Ada pun kawasan yang akan dijaga ketat meliputi Bubulak, Simpang Yasmin, Simpang BORR (Bogor Ring Road), Simpang Pomad, Baranansiang, Ciawi, Tanjakan Batutulis, Simpng Empang, Simpang Gunung Batu, dan Simpang Karya Bakti.

3. Depok juga lakukan penjagaan di perbatasan

Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBBPatroli Polres Metro Depok dalam rangka penerapan PSBB (IDN Times/Rohman Wibowo)

Kasatlantas Polrestro Depok Kompol Sutomo menuturkan, pembatasan jalan Jakarta-Depok sedianya mulai di sekitar Jalan Margonda Raya. Di mana bagi kendaraan yang akan menuju Jakarta dari arah Depok akan diperiksa di atas fly over Universitas Indonesia (UI) guna dicek apakah pengguna jalan sudah mengenakan masker dan memperhatikan physical distancing.

“Sementara bagi kendaraan yang akan menuju Depok dari Jakarta, akan diperiksa di sekitar kolong fly over UI,” kata Sutomo, Senin (13/4).

Perbatasan jalan lain Jakarta-Depok yang akan dijaga ketat dengan prosedur pengecekan adalah di Jalan Raya Bogor sekitar daerah Gandaria. Kemudian juga perbatasan di sebelah barat Depok yang menghubungkan dengan Jakarta Selatan, Tangerang Selatan maupun Kabupaten Bogor, dengan berjaga di sekitar Jalan Raya Sawangan.

Berikutnya, dari arah Bekasi menuju Depok, pengecekan dilakukan di Jalan Transyogi Cibubur.

“Selain itu buat kendaraan dari arah selatan (Kabupaten Bogor) menuju Depok kami akan periksa di Jalan Raya Bogor sekitar daerah Cilangkap dan di Jalan Raya Citayam,” tutur Sutomo.

4. Ada 53 titik yang dijaga di Kabupaten Bogor

Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBBIlustrasi (ANTARA FOTO/M Ibnu Chazar)

Bupati Kabupaten Bogor Ade Yasin mengatakan ada 53 titik yang dijaga di wilayahnya yakni 18 titik yang berbatasan dengan Kota Bogor di antaranya, Jalan Raya Jakarta-Bogor, Simpang Ciawi hingga Simpang Cilebut. Tiga titik dengan Kabupaten Tangerang, yakni Jalan Raya Tenjo, Simpang Dego, dan Jalan Raya Lapan Rumpin.

Kemudian untuk pembatasan dengan Kota Tangerang Selatan ada sebanyak dua titik, yaitu Jalan Serpong Raya dan Pasar Jengkol. Kemudian, pembatasan dengan Kota Depok sebanyak 11 titik di antaranya, Jalan Raya Jakarta Perbatasan, Jalan Raya Tapos, hingga jalan Raya Pabuaran-Cipayung.

Selain tu ada pembatasan di Kota Bekasi di sebanyak empat titik yang berada di Jalan Raya alternatif Cibubur, Villa Nusa Indah, Narogong, dan Jalan Raya Cieulengsi Setu. Sementara, dengan Kabupaten Bekasi sebanyak dua titik yang berada di Jalan Raya Cieulengsi Setu dan Cibarusah.

Berikutnya pembatasan juga terjadi dengan Kabupaten Karawang, Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Lebak. Masing-masing satu titik yang berda di Cariu Loji, Jalan Raya Bogor Sukabumi perbatasan dan perbatasan Jasinga Lebak.

Lalu pembatasan juga dengan Kabupaten Cianjur di sebanyak tiga titik, yakni Jalan Raya Cariu, Simpang Ciherang dan Rindu Alam. Terakhir pembatasan juga diterapkan di tujuh lintas gate dan akses tol. Di antaranya di gerbang Sirkuit Sentul, Gunung Putri, akses tol Sentul City, hingga Citeureup.

"Pembatasan seluruh wilayah perbatasan Kabupaten Bogor sebanyak 53 titik. Dengan kebutuhan 477 barrier, 106 rambu-rambu dan 212 bantuan petugas," kata Ade, Minggu (12/4).

5. Sejumlah wilayah di Kabupaten Bekasi dijaga

Daftar Wilayah yang Dijaga di Bogor Depok Bekasi saat PSBBANTARA FOTO/Risky Andrianto

Bupati Bekasi Eka Supria Atmaja mengatakan, terdapat enam kecamatan yang akan diberlakukan secara khusus selama berlangsungnya PSBB di Kabupaten Bekasi, yaitu Kecamatan Tambun Selatan, Cikarang Pusat, Cikarang Selatan, Cikarang Utara, Cikarang Barat dan Cibitung.

“Ada enam kecamatan yang akan kita perhatikan secara khusus, hal ini dikarenakan kasus peningkatan Covid-19 nya yang masih cukup tinggi,” katanya seperti dilansir dari situs resmi pemerintah Kabupaten Bekasi.

Kapolres Metro Bekasi Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan ada 10 check point yang tersebar di sejumlah titik yakni di wilayah yang berbatasan dengan Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi, DKI Jakarta, Kabupaten Bogor dan Kabupaten Karawang. Check point juga didirikan di Terminal Bis Kalijaya dan sejumlah stasiun serta kawasan industri.

"Ada 10 titik check point di wilayah Kabupaten Bekasi. Tidak hanya itu, kita juga melakukan kebijakan lainnya untuk jalan lingkungan atau yang disebut jalan alternatif lain," katanya.

Baca Juga: PSBB Bodebek Berlaku, Pemprov Jabar Sebar Bansos untuk Warga Hari Ini

Topik:

  • Anata Siregar
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya