Tujuh Hal yang Dilakukan Polisi di Lokasi Karhutla Kawah Putih

Polisi mencari penyebab terjadinya karhutla.

Bandung, IDN Times - Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Jabar Komisaris Besar Trunoyudo Wisnu Andiko mengatakan, polisi telah melakukan tujuh hal terkait peristiwa kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang tengah melahap objek wisata Kawah Putih, Kabupaten Bandung.

Salah satunya ialah melakukan penyelidikan terkait penyebab terjadinya karhutla. Hingga berita ini diturunkan, api masih belum mampu dipadamkan petugas. Aparat yang berjaga di sana diketahui telah menutup sebagian akses memasukki Kawah Putih demi keselamatan masyarakat.

"Ditutup sebagian, terutama terkait wahana untuk selfie (swafoto) ikut terbakar. Kan tidak mungkin dipersilakan masuk" kata Trunoyudo, ketika ditemui di Markas Polda Jabar, Jalan Soekarno Hatta Kota Bandung, Selasa (8/10).

Baca Juga: Padamkan Karhutla Kawah Putih, Diskar PB Ingin Pinjam Pesawat BNPB

1. Kebakaran diperparah oleh pepohonan kering

Tujuh Hal yang Dilakukan Polisi di Lokasi Karhutla Kawah PutihIDN Times/Galih Persiana

Sejauh ini, polisi masih belum dapat memastikan penyebab terjadinya karhutla. Yang terang, kata Trunoyudo, kebakaran dengan mudah meluas karena pohon dan dedaunan yang kering akibat kemarau panjang.

"Karena sekarang musim kemarau, tentu banyak alang-alang, rumput, serta pepohonan mengering, itu sebagai potensi bahan yang mudah terbakar," katanya.

2. Polisi dalami penyebab

Tujuh Hal yang Dilakukan Polisi di Lokasi Karhutla Kawah PutihDok.IDN Times/Istimewa

Meski belum bisa memastikan, Trunoyudo mengatakan bahwa kepolisian akan mendalami penyebab karhutla. Penyelidikan dilakukan oleh Polres Bandung yang dibantu oleh Polda Jabar.

Selain faktor alam, lanjut dia, biasanya karhutla disebankan pula oleh manusia (baik disengaja atau pun tidak).

"Kemudian sama faktor manusia, apakah ada unsur kesengajaan atau tidak disengaja. Kalau disengaja kami perlu alat bukti penyelidikannya. Kalau tidak sengaja, biasanya karena masyarakat membuang sampah sembarangan seperti puntung rokok, botol air mineral, dan lain-lain," ujarnya.

3. Tujuh hal yang telah dilakukan polisi

Tujuh Hal yang Dilakukan Polisi di Lokasi Karhutla Kawah PutihGabungan Pengusahan Kelapa Sawit Indonesia

Trunoyudo juga menjelaskan sejauh ini Polri telah melakukan tujuh hal di seputar objek wisata Kawah Putih. Di antaranya:
1. Membuka posko penanganan karhutla di kawah putih,
2. Membuat sepuluh pos pantau titik api (Setiap pos diisi sebelaa personel gabungan untuk memantau api dan melakukan pemadaman manual,
3. Menugaskan 125 personel Polri dalam penanganan karhutla Kawab Putih (Jika ditotalkan ada 285 personel gabungan),
4. Bersama-sama dengan TNI, BPBD, kelompok pecinta alam, dan masyarakat, melakukan lokalisir api agar tidak meluas dengan cara membuat pembatas api selebar kurang lebih 4 meter
5. Membantu petugas Damkar untuk mencapai titik api dalam melakukan pemadaman dan pendinginan area baik yang sudah mau pun yang belum terbakar
6. Bekerja sama dengan Forkopimda menggelar rapat untuk meminta bantuan BNPB yang bertujuan meminta pemadaman melalui helikopter (rencananya besok akan dikirim helikopter)
7. Melakukan penyelidikan penyebab kebakaran

Baca Juga: Kebakaran Hutan di Sekitar Kawasan Ciwidey Belum Bisa Dipadamkan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya