Sekoper Cinta dan Tokopedia Sepakat Berdayakan Perempuan Jabar

Atalia Kamil apresiasi peran Tokopedia di Jawa Barat

Bandung, IDN Times –  Program Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita (Sekoper Cinta) tahun 2023 nyatanya tidak hanya menjadi program yang melibatkan pemerintah dan komunitas saja, melainkan juga turut melibatkan perusahaan swasta. Salah satunya ialah Tokopedia, e-commerce asal Indonesia yang terlibat dalam program tersebut, khususnya di tahun 2023.

Baru-baru ini, mereka turut serta pada acara pembukaan Pelatihan Vokasional Sekoper Cinta 2023. Acara pembukaan ini diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Provinsi Jawa Barat di Gedung Sekoper Cinta, Kota Bandung (04/08/2022).

Sebagai bentuk usaha berkelanjutan yang dilakukan Tokopedia untuk mengembangkan potensi perempuan pelaku usaha melalui program Kelas Perempuan Maju Digital, pada kolaborasi ini, Tokopedia ingin membantu para perempuan di Jawa Barat untuk mendapatkan peluang yang setara dalam mengembangkan bisnisnya.

1. Tokopedia dan Sekoper Cinta kerja sama sejak 2019

Sekoper Cinta dan Tokopedia Sepakat Berdayakan Perempuan JabarSekoper Cinta dan Tokopedia Sepakat Berdayakan Perempuan Jabar (IDN Times/Jabar)

Sebenarnya, Tokopedia dan Sekoper Cinta sudah menjalin berbagai kolaborasi tepatnya sejak 2019. Keduanya memiliki visi dan misi yang sama, yakni memajukan perempuan pemilik usaha.

Program ini setidaknya diklaim telah berhasil mewisuda ribuan perempuan Jawa Barat, di mana telah dibekali kemampuan vokasional untuk dapat memasarkan produk secara digital terutama melalui platform Tokopedia.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni menyatakan bahwa Tokopedia sangat bangga dapat dipercaya sejak tahun 2019 untuk memberikan pelatihan digital kepada peserta yang memiliki produk fashion, makanan dan minuman serta pendampingan peserta dan alumni Sekoper Cinta.

“Tokopedia akan terus berkolaborasi untuk mendukung pengembangan para UMKM khususnya Perempuan di Jawa Barat untuk dapat terus mengembangkan potensinya di masa yang akan dating,” kata Astri, dalam siaran pers yang diterima IDN Times, Kamis (10/8/2023).

2. Atalia Kamil apresiasi langkah Tokopedia di Jabar

Sekoper Cinta dan Tokopedia Sepakat Berdayakan Perempuan JabarAtalia Terus Dorong Perempuan Kuasai Teknologi Digital (jabarprov.go.id)

Di sisi lain, Tokopedia juga telah menghadirkan program Kelas Perempuan Maju Digital yang secara eksklusif diselenggarakan bagi peserta program Sekoper Cinta dan Unilever Indonesia pada tahun 2022.

Program itu, kata Tokopedia, telah diikuti oleh lebih dari 200 perempuan.

Maka itu jangan heran jika Atalia Praratya, istri Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sekaligus Dewan Pembina Sekolah Perempuan Capai Impian dan Cita-Cita Sekoper Cinta, mengapresiasi langkah Tokopedia.

“Kami sangat mengapresiasi kontribusi Tokopedia terhadap terwujudnya kolaborasi program Sekoper Cinta yang telah berkontribusi terhadap pengembangan UMKM khususnya untuk Perempuan di wilayah Jawa Barat serta penurunan angka kemiskinan di Jawa Barat,” kata Atalia.

3. Sama-sama berharap kemajuan ekonomi perempuan di Jabar

Sekoper Cinta dan Tokopedia Sepakat Berdayakan Perempuan Jabarilustrasi perempuan (IDN Times/Arief Rahmat)

Atalia berharap kolaborasi antara Sekoper Cinta dan Tokopedia dapat terjalin lebih baik ke depannya. Harapan yang sama juga diutarakan Astri, di mana sama-sama memiliki misi untuk mengembangkan potensi bisnis perempuan di Indonesia.

“Tokopedia berharap sinergi yang tercipta bersama para mitra strategis salah satunya Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DP3AKB) Provinsi Jawa Barat dapat terus terjaga demi terbukanya peluang yang lebih luas bagi seluruh perempuan Jawa Barat,” tutur Astri.

Baca Juga: Dedi Mulyadi Sindir Program Sekoper Cinta, Ini Respons Ridwan Kamil

Baca Juga: Anti Kecele, Ini 5 Tips Beli Online Kendaraan Listrik ala Tokopedia

Topik:

  • Galih Persiana

Berita Terkini Lainnya