Yana Mulyana: Kota Bandung Kini Punya Dua Rumah Sakit Daerah

Pemkot Bandung resmikan satu rumah sakit baru di Kopo

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung secara resmi telah megubah Rumah Sakit Khusus Ibu dan Anak (RSKIA) Bandung menjadi Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bandung Kiwari. Perubahan ini membuat Kota Bandung sekarang menaungi dua rumah sakit.

Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Bandung Yana Mulyana mengatakan, perubahan rumah sakit tersebut demi memperluas jangkauan pelayanan pemerintah di bidang kesehatan kepada masyarakat. Dengan bergantinya status rumah sakit ini, Kota Bandung kini memiliki dua RSUD yaitu RSUD Bandung Kiwari untuk melayani wilayah tengah dan RSUD Ujungberung untuk melayani bagian timur Kota Bandung.

"Tentu itu harapan kami pemerintah Bandung terus meningkatkan dan menambah peralatan kesehatan untuk masyarakat," ujar Yana di RSUD Bandung Kiwari, Selasa, (11/1/2022).

1. Total anggaran perbaikan mencapai Rp750 miliar

Yana Mulyana: Kota Bandung Kini Punya Dua Rumah Sakit DaerahIlustrasi Uang (IDN Times/Arief Rahmat)

Yana menuturkan, total anggaran pembangunan rumah sakit mencapai Rp750 miliar. Ada 15 lantai pada bangunan tersebut dengan berbagai fasilitas penunjang kesehatan, di antaranya untuk penyakit jantung, gigi, dan anak.

Sementara itu, Direktur Utama RSUD Bandung Kiwari, Taat Tagore berharap dengan perubahan ini bisa lebih memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat.

"Modernisasi saat ini sudah menjadi keharusan memodernisasi selain peralatan, SDM juga sistem jadi kita lagi mengejar untuk menjadi rekam medik. Jadi, tidak terlalu banyak kertas-kertas lebih banyak menggunakan IT," ujarnya.

2. Berkolaborasi dengan BPJS Kesehatan

Yana Mulyana: Kota Bandung Kini Punya Dua Rumah Sakit DaerahANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Ke depannya, manajemen rumah sakit sedang mengupayakan pemantauan secara langsung oleh masyarakat baik dari rumah atau puskesmas untuk mengetahui kondisi terkini di rumah sakit. Sehingga, bisa memberikan layanan yang cepat dan akurat. Berebda ketika saat masih berstatus RSKIA ada keterbatasan tidak bisa melayani pasien pria yang menggunakan BPJS.

"Kerjasama kita dengan BPJS itu khusus ibu dan anak. Dengan (status) RSUD, maka ibu anak dan bapak bisa pakai BPJS sambil menunggu penyelesaian administrasi," lanjut Taat.

3. Ada sekitar 500 tempat tidur bisa digunakan pasien

Yana Mulyana: Kota Bandung Kini Punya Dua Rumah Sakit Daerahilustrasi petugas medis melakukan perawatan terhadap pasien terinfeksi virus corona (COVID-19) di instalasi khusus. ANTARA FOTO/REUTERS/Ronen Zvulun

Untuk diketahui, saat masa awal operasional, RSKIA Kota Bandung membuka 200 dari 500 tempat tidur yang ada. Tempat tidur turut mencakup layanan poli penyakit dalam, bedah, THT, mata, saraf, bukan hanya untuk ibu dan anak.

Sarana beserta prasarana rumah sakit sudah memadai sebagai RSUD sejak awal. Seperti terdapat pintu interlock yang berfungsi menjaga kualitas udara ruangan agar tak tercampur dengan yang berasal dari luar. Koneksi antara fasilitas laboratorium, farmasi, dan administrasi menggunakan teknologi komunikasi canggih.

Baca Juga: Ikut Regulasi, Yana Mulyana Tunggu Sosok Terbaik Pengganti Oded 

Baca Juga: Profil Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya