Waspada! Begal Kembali Beraksi di Kota Bandung Pakai Senjata Tajam

Jangan terlalu malam ketika berada di luar rumah

Bandung, IDN Times - Aksi pembegalan masih kerap terjadi di Kota Bandung. Kali ini aksi begal terjadi di Jalan Randusari Raya, Kelurahan Antapani Kidul, Kecamatan Antapani, Kota Bandung, Senin (16/10/2023) dini hari. Saat beraksi, para pelaku tak segan untuk mengayunkan senjata tajam jenis golok ke korban.

Meski tak terlalu terlihat jelas, berdasarkan rekaman kamera pengawas yang terpasang di sekitar lokasi, korban terdengar sempat berteriak minta tolong ketika dibegal. Beberapa warga pun terlihat sempat mengejar para pelaku.

Salah seorang warga setempat, Yana Nurdin (25), mengatakan aksi pembegalan itu terjadi sekitar pukul 01.30 WIB. Ketika itu, situasi di sekitar Jalan Randusari Raya sedang sepi karena sejumlah toko yang berderet di sisi jalan sudah tutup.

"Lagi sepi, toko udah pada tutup," kata dia ketika ditemui pada Selasa (17/10/2023).

1. Diduga ada tiga pelaku pembegalan

Waspada! Begal Kembali Beraksi di Kota Bandung Pakai Senjata TajamIlustrasi (IDN Times/Mardya Shakti)

Menurut Yana, ada tiga pelaku yang melakukan aksi pembegalan. Mereka beraksi dengan dilengkapi golok dan menutupi wajahnya memakai masker. Golok itu bahkan sempat dihantamkan dan mengenai helm korban.

"Korbannya ke portal lari minta bantuan. Si pelaku sempat mengayunkan golok," ucap dia.

Yana menyebut, korban tak menderita luka akibat hantaman golok dari pelaku. Namun, motor korban berhasil dibawa kabur oleh pelaku. Warga sempat mengejar para pelaku tapi tak terkejar.

"Pelakunya kabur. Kata korban ada tiga pelakunya," ujar dia.

2. Polisi belum memberi respon atas kejadian ini

Waspada! Begal Kembali Beraksi di Kota Bandung Pakai Senjata TajamIlustrasi aksi begal yang tertangkap kamera CCTV. (Instagram.com/warung_jurnalis)

Belum diketahui identitas dari para pelaku maupun korban. Adapun aksi pembegalan baru pertama kali terjadi di Jalan Randusari Raya. Yana pun mengaku khawatir atas adanya kasus pembegalan itu karena pelaku melengkapi diri dengan senjata tajam.

"Kalau di depan sini mah baru pertama kali. Palaur (berisiko)" kata dia.

Sementara itu, Kasatreskrim Polrestabes Bandung, Kompol Agta Bhuwana Putra, belum merespons saat dikonfirmasi mengenai peristiwa itu.

3. Harus tindak tegas jika ada kasus pembegalan

Waspada! Begal Kembali Beraksi di Kota Bandung Pakai Senjata TajamKabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo. IDN Times/Polda Sulsel

Kepolisian daerah Jawa Barat akan menindak tegas berupa tembak ditempat para pelaku kriminal di Kota bandung. Hal tersebut lantaran maraknya tindakan kriminalitas di Kota Kembang.

“Tindakan tegas dilakukan kalau kondisinya mendesak,” ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo beberapa waktu lalu.

Kejahatan jalanan terutama aksi pembegalan baik dilakukan perorangan maupun dilakukan oleh kelompok bermotor semakin meresahkan warga. Pelaku konvoi di jalan dan mengganggu aktivitas warga bahkan melukai warga di jalan.

Pihak kepolisian telah berhasil menangkap beberapa pelaku begal yang meresahkan warga kota Bandung. Kepolisian pun mengimbau kepada masyarakat untuk membatasi kegiatan di malam hari bila tidak ada keperluan yang mendesak.

Baca Juga: Ojol di Bekasi Kena Begal, Pelaku Pakai Modus Order via Aplikasi

Baca Juga: Psikolog: Kasus Kekerasan Pelajar di Bandung Masuk Kategori Perundungan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya