Wali Kota Bandung Berharap Bandara Husein Tetap Beroperasi

Pariwisata di Bandung mampu menarik minat wisatawan

Bandung, IDN Times - Wali Kota Bandung Oded M Danial meminta pemerintah pusat tidak menghilangkan fungsi Bandara Husein Sastranegara sebagai akses penerbangan domestik dan internasional yang masuk melalui Kota Bandung. Sebab bandara ini memiliki potensi dalam meningkatkan kesejehtaraan masyarakat di wilayah Bandung raya.

"Mun aya keneh mah, kita butuh keneh (kalau masih ada (bandara) kita masih butuh). Mang Oded berharapnya masih beroperasi," kata Oded usai bertemu perwakilan Angkasa Pura II di Balai Kota Bandung, Rabu (27/2).

Sebagai Ibukota Provinsi, Kota Bandung jelas membutuhkan bandara yang bisa menunjang berbagai aktivitas baik masyarakat domestik maupun internasional. Walaupun pemerintah saat ini tengah berusaha menambah jumlah penerbagan di Bandara Kertajati, Kabupaten Majalengka. Namun, Bandara Husein Sastranegara diharapkan tetap beroperasi sebagai pintu udara karena telah menjadi ikon yang tak bisa lepas dari kota ini.

1. Mengikuti keputusan pemerintah pusat

Wali Kota  Bandung Berharap Bandara Husein Tetap BeroperasiIDN Times/Galih Persiana

Meski demikian, Oded tetap akan mengikuti keputusan dari pemerintah pusat. Apalagi keberadaan bandara yang dioperasionalkan oleh Angkasa Pura merupakan hak pemerintah pusat.

"Kalau ternyata kebijakan pusatnya sudah harus ke BIJB (Bandara Internasional Jawa Barat) ya kita ngikutin aja asalkan Tol Cisundawu sudah beres juga. Sehingga orang Bandung mau kesana tidak terlalu sulit," papar Oded.

2. Bandara Husein menyangga pariwisata daerah

Wali Kota  Bandung Berharap Bandara Husein Tetap BeroperasiIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Executive General Manager Angkasa Pura II Bandara Husein Sastranegara Andika Nuryaman mengatakan, saat ini masih menungugu langkah yang diambil pemerintah pusat melalui Kementerian Perhubungan dan Angkasa Pura II. Sebagai pelaksana operasional di lapangan akan mendukung apapun kebijakan yang diputuskan.

"Kami masih nunggu kebijakan pemerintah seperti apa," ujar Andika.

Menurutnya, Bandara Husein Sastranegara hingga saat ini masih sangat potensial untuk tetap beroperasi. Sebab, Kota Bandung menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan melalui Bandara Husein Sastranegara.

Baca Juga: Bandara BIJB Mulai Bergeliat, Pemkab Majalengka Siapkan Kajian Ekonomi

3. Kenyamanan bandara terus ditingkatkan

Wali Kota  Bandung Berharap Bandara Husein Tetap BeroperasiAngkasapura2.co.id

Baca Juga: Pemkot Bandung Minta Penerbangan di Bandara Husein Dipertahankan

Sejauh ini, Angkasa Pura II yang mengoperasionalkan Bandara Husein Sastranegara terus berupaya meningkatkan berbagai fasilitas guna memperbaiki kenyamanan masyarakat. Setiap tahun jumlah masyarakat yang pergi dan datang di Bandara Husein terus mengalami kenaikan. Maka sudah menjadi kewajiban pihak AP II memberikan rasa nyaman.

"Seperti apa yang disampaikan Pak Gubernur juga yang tetap maunya operasi hanya pangsa pasarnya kalau disana (BIJB Kertajati) itu umroh dan haji. Kalau disini (Bandara Husein Sastranegara) kan untuk pariwisata penerbangan internasional," ujarnya.

Baca Juga: Ridwan Kamil: Pemindahan Penerbangan dari Husein ke BIJB Masih Dibahas

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya