Usai Nakes, Pedagang Pasar Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi COVID-19

Pedagang pasar rentan terpapar COVID-19

Bandung, IDN Times - Pemerintah ingin segera melakukan vaksiansi tahap II setelah pemberian vaksin COVID-19 tenaga kesehatan selesai. Rencananya, pelayan publik seperti TNI dan Polri akan menjadi target pertama. Tetapi, kebijakan ini sedikit berubah di mana pedagang pasar hingga pengemudi ojek bisa mendapat vaksinasi lebih awal.

Hal ini disampaikan Pelaksana Tugas Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementrian Kesehatan, Maxi Rein Rondonuwu, ketika meninjau vaksinasi massal di Gedung Serba Guna, Kota Bandung, Rabu (3/2/2021).

"Bahwa untuk DKI dan Jabar akan menjadi yang pertama untuk pelaksanaan vaksinasi untuk pelayanan publik, itu ya mulai dari pada guru dosen, pedagang pasar, ojek, PNS, TNI, Polri, termasuk, pegawai swasta, BUMN, BUMD, dan perangkat desa," ujar Maxi.

1. Pedagang pasar kerap berinteraksi dengan banyak orang

Usai Nakes, Pedagang Pasar Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi COVID-19Ilustrasi Pasar (IDN Times/Besse Fadhilah)

Maxi Rein Rondonuwu mengaku telah berkoordinasi terkait hal tersebut dengan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Dipilihnya pedagang pasar untuk sasaran vaksinasi setelah tenaga kesehatan karena mereka dinilai rentan terkena virus dan seringkali berinteraksi dengan banyak orang. Selain itu, mereka pun merupakan penggerak ekonomi nasional sehingga memang semestinya diprioritaskan.

"Jadi memang pemilihan pedagang pasar ini karena memang mereka itu merupakan sasaran yang rentan dan sering berkontak dengan orang lain," kata dia di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Bandung, Rabu (2/2).

Maxi pun mengaku sudah mengantongi data pedagang pasar calon penerima vaksinasi yang dihimpun dari berbagai sumber. Nantinya, data itu bakal diselaraskan dengan pemerintah daerah setempat. Jikapun terdapat pedagang pasar tak terdaftar di dalam sistem, mereka tak perlu khawatir bakal terlewat karena pemerintah pun bakal berkoordinasi dengan pimpinan pasar.

"Saya kira tidak usah khawatir soal data yang penting yang akan kami pegang adalah pimpinan-pimpinan pasar yang ada itu harus diyakinkan bahwa dia itu memang pedagang pasar sehingga tidak akan terlewat, jadi jangan khawatir kalau nanti tak terdata," lanjut dia.

2. Vaksinasi dilakukan langsung di setiap pasar

Usai Nakes, Pedagang Pasar Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi COVID-19(Dok.IDN Times/Humas Pemprov Bali)

Vaksinasi dengan menyasar pedagang pasar, menurut Maxi, direncanakan tak hanya dilakukan di gedung tapi juga dengan mendatangi pasar. Dengan begitu, memang harus ada koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah.

"Sasaran yang pertama kita sasar adalah pedagang pasar. Pesan Pak Menteri, saya lagi buat konsep untuk bukan hanya di gedung tapi ada mobile, kita mendatangi langsung ke pasar," tutur dia.

3. Pemprov Jabar target penyuntikan vaksin nakes rampung Februari 2021

Usai Nakes, Pedagang Pasar Jadi Sasaran Pertama Vaksinasi COVID-19Dok. Humas Jabar

Pemerintah Provinsi Jawa Barat kembali melakukan vaksinasi massal. Berbeda dengan vaksinasi serentak yang dilakukan di rumah sakit dan Puskesmas, kali ini penyuntikan vaksin COVID-19 dosis pertama dilakukan di gedung serba guna, Sabuga, Bandung.

Untuk penyuntikan massal hari pertama setidaknya ada 1.500 tenaga kesehatan yang melakukan vaksinasi COVID-19. Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, Provinsi Jawa Barat (Jabar) saat ini menjadi salah satu role model dalam rangka pelaksanaan vaksin massal.

Menurutnya, sampai sekarang sudah ada sekitar 80 ribu orang di Jabar yang mendapat vaksin COVID-19 dosis pertama di 27 kabupaten/kota. Sedangkan untuk tenaga kesehatan diharap selesai pada minggu kedua atau ketiga Februari 2021, yang jumlahnya mencapai 194 ribu.

Baca Juga: Vaksinasi COVID-19 Massal Nakes, Jabar Jadi Role Model di Indonesia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya