Sempat Kabur, Ketua Ormas GMBI Berhasil Ditangkap Polisi

Polisi sudah mengamankan sebanyak 731 anggota GMBI

Bandung, IDN Times - Polda Jabar mengamankan Ketua Umum DPP LSM GMBI berinisial F setelah aksi demomstrasi berujung kericuhan yang di Mapolda Jabar, Kamis(27/1/2022). Saat ini F masih diperiksa di Mapolda Jabar dan berstatus sebagai saksi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, F diamankan di kediamannya yang terletak di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung pada Kamis (27/1/2022). Selain F, kini polisi masih memburu sejumlah anggota lain yang diduga terlibat dalam aksi berujung kericuhan tersebut.

"Kami juga melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang yang melakukan dan memimpin aksi demo," ujarnya, Jumat (28/1/2022).

1. Ada yang diperiksa di Polres dan Polda

Sempat Kabur, Ketua Ormas GMBI Berhasil Ditangkap PolisiTangkap Layar (IDN Times/Azzis Zulkhairil)

Hingga pagi ini, total anggota GMBI dari yang semula 725 orang menjadi 731 orang. Jumlah anggota ormas yang ditangkap itu bertambah karena ada beberapa yang melarikan diri.

"Jadi sejak kemarin kami melakukan pemeriksaan terhadap 725 orang, Tadi malam bertambah menjadi 731 orang," kata dia.

Di antara ratusan orang tersebut ada beberapa yang sudah dialihkan proses pemeriksaannya ke Polres seperti Polres Karawang hingga Polres Subang. Adapun pemeriksaan dilakukan untuk ditentukan status hukumnya.

"Ini sedang dilakukan pendalaman pemeriksaan supaya siapa siapa yang memenuhi pidana nanti informasi akan di-update setelah dilakukan pemeriksaan, siapa siapa yang akan menjadi tersangka," ucap dia.

2. Ada 19 orang positif narkoba

Sempat Kabur, Ketua Ormas GMBI Berhasil Ditangkap Polisiilustrasi narkoba (IDN Times/Mardya Shakti)

Selain itu, kata Ibrahim, jumlah anggota ormas yang positif mengonsumsi narkotika pun bertambah dari semula berjumlah 16 orang menjadi 19 orang. Mereka pun masih diperiksa secara intensif oleh polisi.

"Kemudian dari pemeriksaan narkoba, dari yang tadinya 16 menjadi 19 orang," pungkas dia.

3. Dua orang dipastikan positif antigen COVID-19

Sempat Kabur, Ketua Ormas GMBI Berhasil Ditangkap PolisiIlustrasi virus corona (IDN Times/Arief Rahmat)

Selain itu, dua anggota ormas GMBI yang mengikuti demo di Mapolda Jabar dan diamankan polisi dipastikan positif terinfeksi virus corona usai mengikuti tes swab antigen.

"Reaktif COVID-19 ada dua," kata dia di Mapolda Jabar pada Jumat (28/1).

Sebagai tindak lanjut, sambung Ibrahim, dua orang itu dipisahkan untuk dites swab dengan menggunakan metode PCR. Dua orang itu sudah dipisahkan dari ratusan anggota ormas lain yang telah diamankan.

"Nanti kita lihat apakah yang dua orang ini positif COVID-19 karena kan harus PCR, hasilnya belum keluar," pungkas dia.

Baca Juga: Buntut Demo Ricuh, Polda Jabar Bakal Gelar Razia Ormas GMBI

Baca Juga: Demo Berujung Anarkis, Polda Jabar Amankan Ratusan Anggota Ormas GMBI

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya