Selesai Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Ingin Istirahat di Tempat Tenang

Sudah 10 tahun dia mengabdi pada rakyat

Bandung, IDN Times - Hari ini menjadi pesta terakhir bagi Ridwan Kamil sebagai Gubernur Jawa Barat. Dia kemungkinan besar tidak lagi mencalonkan diri maju sebagai pimpinan daerah di provinsi ini. Gelaran West Java Festival pun dihelat dengan sangat meriah.

Menurutnya, kegiatan ini sebagai ajang untuk memperlihatkan kepada masysarakat apa saja yang telah dia dan Pak Uu sebagai wakil gubernur capai selama lima tahun ke belakang.

"WJV ini adalah festival kegembiaraan, kebahagiaan Jawa Barat. Seluruh dinas punya acara untuk masing-masing menyampaian pengharagaa dan perubahan yang dihadirkan selama lima tahun," kata Emil, Minggu (3/9/2023).

 

1. Bakal pamit per hari Rabu

Selesai Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Ingin Istirahat di Tempat TenangPemberian penghargaan oleh Kemenpora kepada Pemerintah Daerah yang telah berhasil menyusun Rencana Aksi Daerah (RAD) layanan kepemudaan. (IDN Times/Amir Faisol)

Emil akan benar-benar menanggalkan jabatannya para Rabu (6/9/2023). Dia berharap masyarakat tak lagi mencarinya karena nanti sudah ada penjabat gubernur yang menjadi penggantinya.

Dia ingin istirahat, menenangkan hati lebih dulu karena selama 10 tahun sudah menjadi pemimpin daerah dan mengabdi pada masyarakat.

"Intens sekali waktu saya untuk negeri ini ya," kata dia.

2. Titipkan Jawa Barat pada gubernur baru

Selesai Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Ingin Istirahat di Tempat Tenangdreamstime

Terkait program pemprov Jabar yang sudah berlangsung, mantan wali kota Bandung ini menitipkan pada penjabat gubernur, Bey Machmudin. Meski gaya kepemimpinan sudah pasti berbeda dengannya, para pekerja di Pemprov Jabar diharap bisa mengikuti arahannya.

Menurutnya, dia sudah bertemu dengan Bey dan menitipikan semua hal baik yag selama ini sudah dibangun pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum. Hal baik jangan diubah karena itu yang membuat provinsi ini menjadi terbaik di Indonesia.

"Kecuali, ada gagasan baru saya silakan pak Bey untuk melakukan inovasi-inovasi. Tapi kalau untuk mempertahankan sebuah rumah yang luar biasa ini, sebuah sistem the dream team ini kalau bisa tetap dipertahankan," ujarnya.

3. Siap menjemput takdir berikutnya

Selesai Jadi Gubernur, Ridwan Kamil Ingin Istirahat di Tempat TenangGubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengenakan jas kuning dan menunjukan KTA Golkar. (www.instagram.com/@golkar.indonesia)

Emil pun memaknai semua perjalanan hidupnya dengan ikhlas. Terlebih dia sudah merasakan kehilangan seorang anak ketika duduk sebagai seorang gubernur. Kepergian sang anak sejauh ini menjadi kesedihan Emil yang paling mendalam.

Kondisi ini membuat dia tetap tegar menjalani berbagai aktivitas termasuk kehilangan jabatan sebagai gubernur Jabar. Menurutnya, berputar ke belakang sudah bukan pilihan karena semua sudah ada takdirnya, tidak bagaimana menyikapi hal tersebut.

"Saya akan menjemput takdir baru, kan bisa saja kembali lagi ke sini. Kalau takdirnya mau periode kedua. Tidak sesedih itu," pungkasnya.

Baca Juga: Ikuti Kirab Budaya, Ridwan Kamil Gunakan Kostum Capung 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya