Ridwan Kamil Segera Umumkan Anak Muda Lolos Program Petani Millennial

Jadi petani itu membanggakan kok

Bandung, IDN Times - Bagi kalian yang pernah mendaftarkan diri ikut dalam program petani millennial di Jawa Barat, siap-siap akan terwujud. Dalam waktu dekat, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil akan segera mengumumkan siapa saja yang lolos dalam program Petani Milenial. Pengumuman itu rencananya disampaikan pekan depan.

Emil menuturkan, pendaftar Petani Milenial tahun ini sangat banyak lebih dari 4.000 orang. Sayangnya, tidak semua bisa lolos karena ada beberapa persyaratan yang tidak terpenuhi, salah satunya domisili pendaftar bukan warga Jawa Barat.

"Kita akan promosikan juga di provinsi lain dengan konsep yang sama. Tinggal di desa, rejeki kota, bisnis mendunia," ujar Emil, Minggu (7/3/2021).

1. Tinjau apartemen ayam 4.0 di Kabupaten Bandung

Ridwan Kamil Segera Umumkan Anak Muda Lolos Program Petani MillennialDok. Humas Jabar

Emil pun meninjau peternakan ayam yang memanfaatkan teknologi 4.0 di Desa Cibodas, Kutawaringin, Kabupaten Bandung. Emil menyebut peternakan yang dibangun dengan konsep apartemen ayam berbeda dengan bentuk peternakan pada umumnya. Apartemen ayam ini memiliki lima lantai dengan struktur yang kokoh seluas total 40 meter persegi.

"Saya melihat sebuah terobosan visi bertani atau beternak dengan teknologi 4.0, ini sebuah struktur 40 meter persegi berlantai lima," kata dia.

Apartemen ayam ini dapat menampung hingga lima ribu ayam. Peternakan yang dikembangkan oleh warga ini terlihat bersih dan tidak menimbulkan bau.

"Persepsi bahwa peteranakan ayam itu harus satu lantai, jorok, bau, sekarang hilang oleh teknologi karena semuanya dengan 4.0," ujarnya.

2. Peternakan modern bisa gunakan peralatan canggih

Ridwan Kamil Segera Umumkan Anak Muda Lolos Program Petani MillennialAyam petelur dalam peternakan sistem kerangkeng baterai di Indonesia. Dok. Animal Friends Jogja

Emil menjelaskan, di kandang ini untuk menaburkan makanan dan minum untuk ayam pun diatur oleh sebuah alat yang dapat dikendalikan dari jarak jauh. Tak hanya itu, kotoran ayam juga langsung difermentasi sehingga menghasilkan nilai ekonomi.

"Meneteskan minuman dan kasih makanan ayam pake 4.0, kotorannya juga ditarik oleh sebuah motor yang diatur oleh 4.0, nanti kotorannya difermentasi jadi nilai ekonomi juga," jelas Kang Emil.

Rencananya teknologi apartemen ayam ini akan diaplikasikan pada program petani milenial. Nantinya, peternakan ayam akan digarap oleh para pemuda dan hasil panennya sudah dipastikan akan dibeli.

"Jadi program petani milenial ini tidak usah cari pembeli tapi dimulai dari pembelinya sanggup berapa," tuturnya.

3. Pemprov Jabar siapkan pembeli untuk menampung produk peternakan dan petani

Ridwan Kamil Segera Umumkan Anak Muda Lolos Program Petani Millennial@donk_alim

Emil mengatakan, pihaknya sudah menjalin kesepakatan dengan salah satu offtaker (pembeli) yang siap membeli hasil panen sekitar dua juta ekor ayam per bulan.

"Pemda Provinsi Jabar sudah deal dengan salah satu offtaker sejumlah hampir 2 juta ayam per bulan," ucapnya.

Untuk penyediaan dua juta ekor ayam tersebut dibutuhkan 400 apartemen ayam yang akan disebar di berbagai titik dengan harga setiap apartemen ayam sekitar Rp150 juta.

"Kurang lebih membutuhkan 400-an titik seperti ini dengan modal Rp150 jutaan," kata dia.

Emil optimistis program petani milenial dapat mengurangi pengangguran, mewujudkan kemandirian ekonomi, dan menjaga ketahanan pangan.

Baca Juga: Kementan Upayakan Satu Data demi Cetak 2,5 Juta Petani Millennial 

Baca Juga: Ridwan Kamil Siapkan Program Petani Millennial pada 2021

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya