Resmi Jadi Pj Walkot Cimahi, Dicky Saromi Diminta Fokus Urus Inflasi 

Penjabat sebelumnya dipecat karena gagal urus inflasi

Bandung, IDN Times - Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar), Bey Machmudin resmi melantik Dicky Saromi menjadi penjabat Wali Kota Cimahi, Minggu (22/10/2023). Dicki menggantikan peran Dikdik Suratno Nugrahawan yang diberhentikan dari jabatannya oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Dicky saat ini juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jabar.

Dalam pelantikan ini, Bey Machmudin mengingatkan agar Dicky bisa fokus dalam penanganan inflasi, sampah, pengngguran, hingga stunting. Hal itu penting karena sesuai dengan arahan dari Kemendagri yang selama ini disampaikan juga ke setiap gubernur di seluruh Indonesia.

"Ketika tingkat gubernur diingatkan maka tingkat kabupaten/kota juga harus diingatkan. Dan ketika saya bertemu kemarin (dengan Mendagri) hal-hal itu yang sangat harus diperhatikan.

1. Pemkot Cimahi diminta belajar dari daerah lain dalam penanganan sampah

Resmi Jadi Pj Walkot Cimahi, Dicky Saromi Diminta Fokus Urus Inflasi Dok. Humas Pemkot Bandung

Sementara untuk penanganan sampah, Bey meminta Pemkot Cimahi untuk tidak malu belajar pengelolaan dari daerah lain baik di Jawa Barat maupun di provinsi lain. Sampah ini sekarang menjadi persoalan paling peling di Bandung Raya berhubungan dengan TPA Sarimukti yang tidak bisa menampung banyak sampah karena kebakaran yang melanda.

"Bandung Raya sekarang sampah jadi masalah utama, makanya haru fokus," kata dia.

2. Harus tegaskan bahwa ASN netral selama pemilu

Resmi Jadi Pj Walkot Cimahi, Dicky Saromi Diminta Fokus Urus Inflasi Ilustrasi Pemilu (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal lain yang diminta adalah menjaga netralitas aparatur sipil negara (ASN) dalam pemilhan umum (pemilu) serentak 2024. Menurutnya, pemilu tahun depan akan sangat ramai karena dilaksanakan selama setahun penuh mulai dari pemilihan presiden, legislatif, hingga kepala daerah.

Sebagai Penjabat Wali Kota, Dicki dipastikan bakal kerepotan ketika bekerja sendiri mengawal Pemilu 2024. Untuk itu Dicky harus dibantu oleh seluruh ASN yang bersifat netral.

"Tadi saya juga ingatkan agar Pemkot Cimahi segera infokan aset mana saja yang bisa dipakai Pemilu (kampanye)," kata dia.

3.Transportasi publik juga jadi sorotan Pemprov Jabar

Resmi Jadi Pj Walkot Cimahi, Dicky Saromi Diminta Fokus Urus Inflasi Ilustrasi Bus Rapid Transit (BRT) Trans Semarang. (IDN Times/Dhana Kencana)

Bey juga mengingatkan agar Pemkot Cimahi dalam setahun ke depan bisa mempersiapkan kerja sama dalam membangun transportasi publik di kawasan Bandung Raya. Keberadaan transportasi massal ini diharap bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi di Bandung Raya.

"Ini jadi perhatian khususnya di Bandung raya, koordinasi dengan Pemda daerah dan Jabar," kata Bey.

Baca Juga: Kisruh Pencopotan Pj Walkot Cimahi, BPS: Tak Ada Angka Inflasi Cimahi

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya