Ratusan Warga Cimahi Keracunan Nasi Kotak Kegiatan Reses Anggota DPRD 

Korban keracunan masih bertambah

Bandung, IDN Times - Sebanyak 268 warga peserta kegiatan reses anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi keracunan makanan. Mereka diduga keracunan makanan usai mengkonsumsi nasi kotak yang disediakan dalam kegiatan yang berlangsung pada Sabtu(22/7/2023).

Para korban sudah dirujuk ke lima rumah sakit di Kota Cimahi, yakni Rumah Sakit (RS) Cibabat, Mitra Kasih, Dustira, Kasih Bunda, dan Mitra Agung Lestari (MAL). 

Mereka mengeluhkan rasa mual, diare, dan sakit perut seusai mengonsumsi makanan. 

Kepala Puskesmas Padasuka drg Suerlina mengatakan, hingga pukul 09.00 WIB masih ada warga yang datang ke puskesmas mengeluhkan diare dan mual. Mereka pun langsung ditangani dan diberi obat. 

"Sampai pagi ini masih ada warga yang datang kasus keracunan makanan. 11 orang, kami melihat gejalanya tidak terlalu berat masih bisa dilakukan rawat jalan," katanya ditemui di Puskesmas Padasuka, Jalan Kebon Manggu, Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi, Senin (24/7/2023). 

Menurutnya, apabila ditemukan warga yang mengeluhkan gejala berat seperti sesak napas, maka akan langsung dirujuk ke rumah sakit. 

1. Makanan yang disantap nasi, telur, dan ayam

Ratusan Warga Cimahi Keracunan Nasi Kotak Kegiatan Reses Anggota DPRD ilustrasi ayam goreng (commons.wikimedia.org/Irhanz)

Salah seorang pasien Diki mengaku mulai merasakan panas dingin, mual, dan diare pada Minggu (23/7). Ia mengonsumsi nasi kotak pada acara reses anggota DPRD Cimahi dengan menu nasi, telur balado, dan ayam suwir. 

"Panas dingin kemarin kerasa, mual dan diare," ucap Diki. 

Selain Diki, ibunya juga mengalami hal serupa dan harus mendapatkan perawatan meski tidak rawat inap. 

2. Korban masih terus bertambah

Ratusan Warga Cimahi Keracunan Nasi Kotak Kegiatan Reses Anggota DPRD Freepik

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Cimahi Dwihafi Isnali menuturkan, sampai pagi tadi jumlah warga yang mengalami keracunan terus bertambah. Data terakhir, Dinkes mencatat ada 268 orang yang datang ke rumah sakit dan mengeluhkan mual hingga diare. 

"Sampai tadi data jam 8.00 (pagi) itu total keseluruhan kurang lebih 268 yang terkena keracunan makanan. Ada di RS Cibabat, Mitra Kasih, Dustira, Kasih Bunda, sama MAL," ujar Dwi. 

3. Ada korban yang mulai pulang usai mendapat perawatan

Ratusan Warga Cimahi Keracunan Nasi Kotak Kegiatan Reses Anggota DPRD onlymyhealth.com

Dwi menjelaskan, sebagian peserta yang dirujuk ada yang sudah pulang dan menjalani rawat jalan. Sementara sisanya, ada yang masih harus dirawat di RS. Paling banyak, jumlah pasien akibat keracunan makanan ini ada di RS Dustira dengan 66 pasien.

"Kalau yang kami rangkum ada beberapa pasien, kalau di RS Cibabat masih ada 23 pasien, RS Mitra Kasih ada 41 pasien, RS Dustira ada 66 pasien, RS Kasih Bunda ada 2 yang masih dirawat," kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Keracunan Makanan, 43 Buruh Pabrik di Bandung Dibawa ke Rumah Sakit

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya