Rangkul Wisatawan, Pemkot Bandung Percantik Lagi Teras Cihampelas

Tempat ini sempat viral di jaman Ridwan Kamil

Bandung, IDN Times - Pemerintah Kota Bandung kembali mempercantik kawasan wisata di Teras Cihampelas, Jalan Cihampelas. Rencananya, kawasan ini akan rampung direvitalisasi pada September 2023, mendatang.

Saat ini, kawasan Teras Cihampelas masih sepi dari kunjungan warga baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Minimnya kunjungan wisatawan yang bertandang ke tempat ini membuat para pelaku usaha tak merasakan manfaat meski membuka tenant sepanjang hari.

"Ada beberapa trase sifatnya tematik. Dengan reaktivasi itu saya yakin fasilitas sarana ini akan memberikan daya tarik kepada masyarakat," kata Plh Wali Kota Bandung Ema Sumarna, Jumat (11/9/2023).

1. Ada tempat edukasi hingga area bermain drone

Rangkul Wisatawan, Pemkot Bandung Percantik Lagi Teras CihampelasDok. Humas Pemkot Bandung

Dengan berbagai perbaikan yang ada, ia meyakini masyarakat akan betah berekspresi di kawasan tersebut. Mulai dari tempat edukasi, tempat bermain drone, panggung untuk musik hingga area cat walk.

"Ada cat walk, tempat belajar, siapapun juga bisa ke sini. Nanti akan ada sejarah Kota Bandung, ada juga co working space, agar masyarakat bisa memanfaatkan ini untuk beraktivitas, " katanya.

Menurut Ema, kawasan itu akan difasilitasi wifi. Sehingga masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut.

"Ada fasilitas WiFi. Tempat untuk kerja, ada meja dan kursi. Di sini pastinya banyak spot foto yang bisa manfaatkan," tuturnya.

2. Pemandangan dari tempat ini sangat indah

Rangkul Wisatawan, Pemkot Bandung Percantik Lagi Teras CihampelasTeras Cihampelas Bandung sepi pengunjung. IDN Times/Debbie Sutrisno

Ia optimis jika semua berjalan baik, maka fungsi ekonomi di Teras Cihampelas akan berjalan. Dengan demikian masyarakat bisa menikmati kawasan ini dari pagi sampai malam.

"Kalau semua berjalan maka ekonomi akan menggeliat. PKL juga mendapatkan peluang baik karena aktivitas masyarakat berjalan," katanya.

Ema pun merasakan udara Bandung yang sejuk ketika kawasan tersebut rampung. Mulai dari pemandangan, udara hingga nantinya akan ada alunan musik di Teras Cihampelas itu.

"Ada ruang untuk musik, sambil suasa sore. Di sini terlihat jalan Pasopati. Romantis Bandung akan hadir," ungkapnya.

3. Bisa digunakan untuk berbagai kegiatan

Rangkul Wisatawan, Pemkot Bandung Percantik Lagi Teras Cihampelas(Kondisi Teras Cihampelas) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Ema menegaskan, kawasan tersebut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, bahkan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa memanfaatkan kawasan itu untuk kegiatan. Teras Cihampelas pun nantinya bakal dijadikan tempat untuk perayaan hari jadi Kota Bandung (HKJB)

"Kita semua bisa menyaluran hobi, memberikan contoh bahwa Kota Bandung ini kreativitasnya banyak," kata dia.

Baca Juga: Viral, Teras Cihampelas Bandung Kerap Dipakai Mesum Pelajar

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya