Polrestabes Lakukan Pembatasan Kendaraan dari Kabupaten Bandung

Akses kendaraan dari Jalan Buah Batu Moch Toha ditutup

Bandung, IDN Times - Polrestabes Bandung menambah titik penyekatan lalu lintas untuk menghambat pergerakan masyarakat yang akan masuk ke daerah Kota Bandung. Salah satu penyekatan yang bakal dilakukan adalah di jalan Buah Batu dan Moch Toha.

Kasat Lantas Polrestabes Bandung Kompol Bayu Catur Prabowo menuturkan, kendaraan roda dua dan empat di Kota Bandung mulai berkurang sejak diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Namun, dari pengamatan selama satu pekan pelaksanaan PSBB, masih banyak kendaraan memenuhi jalanan Kota Bandung datang dari daerah penyangga, salah satunya Kabupaten Bandung.

"Jadi kami sampaikan untuk sekarang ada penutupan menuju jalan by pass Buah Batu. Sebab dari arah selatan menuju utara memang ramai dilintasi kendaraan," ujar Bayu, Rabu (29/4).

Selain jalan by pass Buah Batu, Jalan Moch Toha pun nantinya akan dilakukan penyekatan sehingga kendaraan dari arah selatan tidak akan langsung menuju ke pusat Kota Bandung.

1. Penyekatan jalan dilakukan secara bertahap

Polrestabes Lakukan Pembatasan Kendaraan dari Kabupaten BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurut Bayu, penutupan jalan ini tidak akan dilakukan selama 24 jam. Ada jam-jam tertentu misalnya pada pagi ke siang bakal ditutup dan baru dibuka siang ke sore. Kemudian pada waktu sore menuju malam akan kembali ditutup.

Dia berharap dengan penyekatan jalur ini masyarakat bisa lebih mengedepankan aturan dalam PSBB untuk tidak banyak beraktivitas di luar rumah. Mereka diharap bisa tetap berada di rumah dan untuk para pekerja bisa bekerja dari rumah.

"Jadi tujuannya dari PSBB Bandung ini memang lebih efektif dan efisien," ujar Bayu.

2. Diarahkan ke timur dan barat Kota Bandung

Polrestabes Lakukan Pembatasan Kendaraan dari Kabupaten BandungIDN Times/Humas Bandung

Dengan adanya penyekatan di dua jalan ini, maka kendaraan yang ingin masuk ke Kota Bandung harus menuju Bandung bagian timur atau barat. Dari peralihan arus ini Polrestabes ingin tahu apakah kendaraan dari arah Kabupaten Bandung memang bekerja di perkotaan atau sekedar melintas saja.

"Kita akan cek arah mana yang paling banyak mereka tuju. Nanti bisa kita siapkan evaluasinya lagi," papar dia.

Selain dua jalan ini, Polrestabes Bandung juga berencana menutup jalan Dewi Sartika karena ruas jalan ini berdekatan dengan jalan Asia Afrika yang sudah tutup lebih dahulu.

3. Masyarakat Kota Bandung dinilai semakin paham aturan PSBB

Polrestabes Lakukan Pembatasan Kendaraan dari Kabupaten BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung Kombes Ulung Sampurna menilai PSBB yang diterapkan di Kota Bandung sudah berjalan cukup baik. Ini bisa dilihat di mana masyarakat mulai terbiasa menggunakan masker kemanapun mereka bepergian.

"Secara disiplin, secara langsung ada peningkatan. Yang jelas kalau dari masyarakat itu sendiri, untuk masker kita lihat mereka sudah menjadi kewajiban," ucap Ulung.

Ulung menyebutkan, berdasarkan pengamatan di sejumlah titik cek poin PSBB, kedisiplinan masyarakat akan aturan berkendara meningkat . Hal itu terbukti dengan sedikitnya pelanggaran terkait kendaraan roda dua yang berboncengan.

"Untuk yang berboncengan, sudah banyak mereka yang sendiri-sendiri. Artinya khusus Kota Bandung ini udah banyak peningkatan sekali," ungkap Ulung.

Baca Juga: Rapat dengan Pengusaha, Anies Buka Peluang Tak Perpanjang PSBB

Baca Juga: Ridwan Kamil: PSBB Bodebek Diperpanjang 14 Hari, Mulai 29 April

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya