Polisi Siapkan Pengamanan Berlapis Jaga Laga Persib Bandung di GBLA 

Razia bakal dilakukan lebih ketat

Bandung, IDN Times - Kepolisian bakal menerapkan pengamanan berlapis untuk memgantispasi kerumunan pada laga Persib Bandung vs Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (30/7/2022). Antispasi ini dilakukan karena pertandingan Persib kerap didatangi banyak suporter yang tidak memiliki tiket resmi.

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo mengatakan, polisi menyiapkan ribuan personel untuk melakukan pengamanan. Nantinya pengamanan dilakukan menerapkan empat ring untuk menyeleksi penonton yang tak bertiket dan mereka yang kerap membawa barang dilarang

"Konsep pengaman kita lakukan pola sistem ring, jadi ada beberapa penyekatan dan barikade untuk meregulasi flow pengunjung yang datang," kata dia di Stadion GBLA, Kota Bandung pada Jumat (29/7/2022).

1. Terdapat empat ring untuk pemeriksaan

Polisi Siapkan Pengamanan Berlapis Jaga Laga Persib Bandung di GBLA Dok. Humas Kota Bandung

Ibrahim belum menyebut secara rinci titik dari tiap ring tersebut. Namun demikian, ring empat akan berada di sejumlah ruas jalan menuju stadion dari mulai Masjid Al-Jabbar. Sementara itu, ring satu bakal berada tepat di sekitar stadion.

"Pertama dari regulasi jalan (ring empat), ring ini akan meregulasi bagi yang tahap pertama apabila tidak punya tiket, akan langsung berjalan, dan tidak tinggal di tempat, otomatis yang punya tiket bisa masuk ke dalam," ucap dia.

Sementara di ring tiga dan dua fokus pada pemeriksaan tiket melalui kode batang. Akan ada pengecekan apakah tiket yang dimiliki penonton resmi yang dikeluarkan paniitia penyelenggara atau bukan.

2. Waspada penumpukan di dekat stadion

Polisi Siapkan Pengamanan Berlapis Jaga Laga Persib Bandung di GBLA IDN Times/Debbie Sutrisno

Diharapkan, dengan diberlakukannya konsep tersebut dapat mencegah terjadinya penumpukan. Diketahui, beberapa waktu lalu, dua Bobotoh tewas ketika hendak menonton laga Persib di Stadion GBLA. Mereka diduga kehabisan napas karena berdesakkan ketika hendak masuk ke dalam stadion.

"Tujuan pengamanan ini adalah untuk tidak ada penumpukan sehingga nanti bisa tertib untuk masuk ke tempat pertandingan," kata dia.

3. Razia dilakukan di sejumlah titik

Polisi Siapkan Pengamanan Berlapis Jaga Laga Persib Bandung di GBLA IDN Times/Debbie Sutrisno

Ibrahim memastikan polisi bakal melakukan sterilisasi dengan melakukan razia serta patroli di sejumlah titik sekitar Stadion GBLA untuk mengantisipasi penonton yang datang membawa flare, senjata tajam hingga minuman keras.

"Kita nanti akan melaksanakan razia operasi dan patroli terhadap orang-orang yang membawa ini dan juga menggeledah sehingga nanti kita tidak biarkan mereka masuk ke stadion," kata dia.

Ibrahim pun menegaskan bahwa penjualan tiket bakal dilakukan secara online oleh panitia penyelenggara atau Panpel. Dengan demikian, bila didapati ada pihak yang menjual tiket di sekitar stadion, polisi bakal segera melakukan penindakan. Penonton yang didapati tak membawa tiket pun bakal diputar balik.

Selain itu, terkait dengan pengamanan, Ibrahim menyebut pihaknya bakal melakukan rekayasa arus lalu lintas di ruas jalan menuju ke stadion. Namun demikian, perihal rekayasa lalu lintas yang diterapkan tersebut masih akan dibahas oleh jajaran Polrestabes Bandung.

"Kita nanti akan rencanakan rekayasa, mungkin satu arah, nanti ini masih kita tentukan setelah rapat pengamanan di Polrestabes," ucap dia.

Baca Juga: Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan di GBLA Jelang Laga Persib vs Madura 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya