Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan di GBLA Jelang Laga Persib vs Madura 

Aparat diimbau fokus menjaga keamanan

Bandung, IDN Times - Puluhan aparat gabungan dari kepolisian, TNI, Satpol PP, hingga Dinas Perhubungan melakukan apel gelar pasukan jelang pertandingan Persib melawan Madura United yang bakal digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (30/7/2022).

Seluruh aparat yang ikut apel menggelar latihan mengantisipasi keramaian suporter Persib Bandung, Bobotoh, yang ingin menyaksikan pertandingan di dalam lapangan.

Wakil Kepala Polda (Wakapolda) Jabar Brigjen Pol. Bariza Sulfi, S.I.K dalam sambutannya mengatakan, gladi bersih serta latihan ini dilakukan sebagai persiapan pengamanan pada laga esok hari. Semua aparat harus siaga dalam menjaga pertandingan dengan menengok kejadian ke belakang.

"Pelaksanaan pengamanan sebelumnya ada yang perlu kita tingkatkan terutama kedisiplinan dan kepedulian kita," kata Bariza, Jumat (29/7/2022).

1. Jangan ada perbedaan arahan di lapangan

Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan di GBLA Jelang Laga Persib vs Madura IDN Times/Debbie Sutrisno

Bariza meminta semua aparat yang ingin memberikan masukan dalam pengamanan bisa melakukannya setelah latihan dilakukan. Masukan itu penting untuk memastikan kegiatan pengamanan dalam pertandingan besok berjalan lancar.

Tidak menutup kemungkinan ada saran dan masukan yang bisa dikonsolidasikan bersama. Namun ketika hari H seluruhnya haru satu komando.

"Dan yang penting apabila semuanya pada saat pengamanan berada di tempat yang ditunjuk. Tanggung jawa dan harus tahu tugas," kata Bariza.

2. Jangan ada aparat yang berpikir lain-lain

Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan di GBLA Jelang Laga Persib vs Madura IDN Times/Debbie Sutrisno

Dia menegaskan agar seluruh aparat pun bekerja dengan benar dan fokus pada penanganan keamanan. Jangan sampai ada yang berpikir lain-lain di luar pengamanan pertandingan.

Seluruh aparat yang datang ke gladi resik dan yang nantinya datang pada saat pengamanan sudah memiliki tugasnya masing-masing. Bariza mengimbau seluruh petugas jangan terlena dengan sarana dan prasarana yang sudah dibangun untuk memperkuat pengamanan di Stadion GBLA.

"Dengan penambahan itu harusnya kewaspadaan kita jauh lebih baik," kata dia.

3. Bangun tiga ring keamanan dan penggeledahan suporter

Polda Jabar Gelar Apel Kesiapan di GBLA Jelang Laga Persib vs Madura Polisi memasang kawat berduri di pagar Stadion GBLA. IDN Times/Debbie Sutrisno

Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Suntana menuturkan, untuk meminimalisir membludaknya penonton seperti saat mereka ingin menyaksikan Piala Presiden 2022, kepolisian bakal memperketat pengecekan tiket penonton sesaat sebelum memasuki kawasan Stadion GBLA. Saat ini penjualan tiket hanya dilakukan secara daring (online).

"Tidak ada pembelian tiket di stadion, semua dilakukan secara online. Jadi jangan percaya omongan orang yang tidak bertanggung jawab bahwa tiket bisa dibeli di sekitar stadion, semuanya menggunakan online dan kami akan laksanakan pengawasan dari ring yang telah ditetapkan bersama dengan Panpel," ucap Suntana, Jumat (22/7/2022).

Untuk mencegah adanya penumpukan di sekitar stadion, kepolisian bakal menurunkan personel melakukan penggeledahan kepada orang-orang yang masuk ke area stadion. Hal itu juga dilakukan untuk mencegah masuknya barang-barang berbahaya masuk ke stadion.

"Kami juga akan operasi kepada orang yang masih memanfaatkan hal begini untuk jual tiket, kami akan melakukan tindakan menyebar personel untuk melakukan penggeledahan agar hal itu (calo tiket) tidak terjadi. Dan yang masuk ke dalam, kami mohon untuk tidak membawa barang berbahaya," ucap dia.

Selain itu, Suntana juga telah memerintahkan para Kapolres mendatangi titik kumpul Bobotoh jelang pertandingan Persib Bandung. Bobotoh yang akan berangkat ke stadion, dipastikan telah memiliki tiket masuk.

"Para Kapolres akan datang ke titik kumpul keberangkatan Bobotoh Persib atau viking di mana pun berada, untuk memastikan yang berangkat dari wilayah lain yang datang ke sini, adalah orang yang sudah memiliki tiket secara online dan dipastikan bisa masuk ke dalam," kata dia.

Baca Juga: Menpora Restui Stadion GBLA Jadi Homebase Persib di Liga I Indonesia 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya