Polisi Siap Hadapi Praperadilan Yosep, Tersangka Pembunuhan di Subang

Saat ini ada lima orang jadi tersangka kasus tersebut

Bandung, IDN Times - Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menyatakan kesiapannya menghadapi praperadilan yang diajukan tersangka pembunuhan sadis ibu dan anak di Kabupaten Subang.

Diketahui, dari lima tersangka empat di antaranya masih membantah terlibat dalam kasus tersebut dan mengajukan praperadilan. Mereka yakni Yosep Hidayah (suami dan ayah dari korban), Mimin (istri kedua Yosep), Arighi, dan Abi (anak Mimin dan Yosep).

Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan, praperadilan merupakan langkah hukum yang diakomodasi dalam undang-undang.

“Kalau praperadilan ini kan mekanisme yang diakomodasi dalam undang-undang ya, sehingga itu menjadi akomodasi bagi para tersangka untuk melakukan kontrol terhadap proses penyidikan,” kata Ibrahim ditemui di Mapolrestabes Bandung, Jalan Jawa, Kota Bandung (27/11/2023).

1. Tak larang siapapun ajukan praperadilan

Polisi Siap Hadapi Praperadilan Yosep, Tersangka Pembunuhan di SubangIlustrasi pengadilan. (IDN Times/Sukma Shakti)

Menurut Ibrahim, penyidik tak melarang pengajuan praperadilan yang dilakukan Yosep dan tersangka lainnya. Sebab itu membangun salin kontrol antara kepolisian, kejaksaan, dan tersangka melalui kuasa hukumnya.

“Ini juga tidak menjadi masalah dengan kami karena memang mekanisme hukum dan aturan harus tetap kami akomodasi, sehingga apabila memang ada praperadilan berupa kontrol terhadap penyidikan ini kami lihat manfaat positifnya,” jelasnya.

Otomatis dengan proses ini lebih menyempurnakan penyidikan yang penyidik laksanakan nanti.

2. Sudah ajukan prapedilan ke PN Bandung

Polisi Siap Hadapi Praperadilan Yosep, Tersangka Pembunuhan di SubangIDN Times/Galih Persiana

Sebelumnya, Yosep Hidayah, tersangka kasus pembunuhan ibu dan anak yang terjadi di Jalancagak, Kabupaten Subang, mengajukan praperadilan ke Pengadilan Negeri (PN) Bandung. Pengajuan praperadilan dilakukan atas penetapan tersangka oleh Polda Jabar.

“Setelah ini (rekonstruksi), praperadilan sudah didaftarkan tinggal menunggu satu (sampai) dua hari lagi,” kata kuasa hukum Yosep Hidayah, Rohman Hidayat dikonfirmasi, Kamis (23/11/2023).

3. Siap hadiri proses persidangan

Polisi Siap Hadapi Praperadilan Yosep, Tersangka Pembunuhan di SubangIlustrasi sidang daring. (ANTARA FOTO/Galih Pradipta)

Ia menyebut, jika penyidik Polda Jabar akan segera menerima undangan sidang praperadilan. Adapun, proses sidang akan digelar di Pengadilan Negeri Bandung.

“Lihat nanti praperadilan di PN Bandung,” ucap dia.

Baca Juga: Polisi Tak Gubris Bantahan Empat Tersangka Kasus Pembunuhan di Subang 

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya