Polisi Kembali Amankan Dua Pelaku Bom Molotov PDIP Cileungsi Bogor

Hukum saja pak

Bandung, IDN Times - Polisi kembali menangkap dua pelaku bom molotov yang menyasar markas PDIP PAC Cileungsi, Bogor. Dua pelaku tersebut berinisial MTK dan DS.

Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Erdi A. Chaniago menuturkan, dengan penangkapan ini total ada sembilan pelaku yang telah ditangkap oleh polisi. "Iya, ada dua lagi," kata dia melalui sambungan telepon, Rabu (26/8/2020).

1. Kedua pelaku diamakan di Bogor

Polisi Kembali Amankan Dua Pelaku Bom Molotov PDIP Cileungsi BogorIlustrasi napi (Facebook/Komisi Pemberantasan Korupsi)

Menurutnya, kedua pelaku diamankan di wilayah Bogor. Dalam aksi teror tersebut dua pelaku diketahui berperan sebagai pelempar molotov. Polisi kini sedang melakukan pendalaman terkait latar belakang dua pelaku.

"(Dari informasi) keduanya berperan sebagai pelempar bom molotov," ujar Erdi.

2. Tujuh tersangka yang ditangkap duluan sudah jalani pemeriksaan

Polisi Kembali Amankan Dua Pelaku Bom Molotov PDIP Cileungsi Bogor(Ilustrasi tahanan) IDN Times/Ayu Afria

Sebelumnya, Kepolisian Daerah Jawa Barat sudah mengamankan tujuh orang diduga pelaku dari kasus aksi teror bom molotov, di markas PDIP Cileungsi, Bogor, beberapa waktu lalu. Tujuh pelaku tersebut diamankan berdasarkan temuan CCTV.

Erdi Ardimurlan Chaniago mengaku, ketujuh orang tersebut sudah ditahan di Polres Bogor. "Tujuh orang sudah kami amankan, saat ini mereka ditahan dan menjalani pemeriksaan di Polres Bogor," ujar Erdi saat dihubungi, Senin (24/8/2020).

3. Beberapa barang bukti diamankan polisi

Polisi Kembali Amankan Dua Pelaku Bom Molotov PDIP Cileungsi BogorIlustrasi Bom (IDN Times/Arief Rahmat)

Erdi menuturkan, saat ini ketujuhnya masih dalam proses pemeriksaan. Adapun, tujuh orang tersebut masih belum diketahui, apakah ada kaitannya dengan kasus serupa di Cianjur, Erdi mengaku masih belum diketahui secara pasti.

"Mereka diamankan berdasarkan rekaman CCTV kemudian keterangan saksi, dan beberapa barang bukti lainnya yang dikantongi penyidik," ungkapnya.

4. FPI ikut angkat bicara

Polisi Kembali Amankan Dua Pelaku Bom Molotov PDIP Cileungsi BogorIlustrasi FPI/IDN Times/Muhamad Iqbal

Di hubungi terpisah, Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa (GNPF) yang sekaligus kuasa hukum kelompok masyarakat Front Pembela Islam (FPI), Azis Yanuar mengatakan, bahwa dari tujuh orang tersebut, ada dua orang anggota FPI yang turut diamankan.

"Dua anggota FPI dan lainya, pencinta Habib Rizieq gitu lah," ujarnya.

Azis menuturkan, saat ini dua orang tersebut akan diberikan bantuan hukum. Ia menjelaskan, berdasarkan beberapa keterangan, penangkapan pada dua orang anggota FPI tersebut tidak ada diberikan surat penangkapan.

"Kemudian juga saat ini, mereka tidak dapat ditemui keluarga maupun kuasa hukum, saat kami mendatangi kemarin malam bersama keluarganya kita tidak boleh masuk, tanpa tahu alasannya. Kita juga tidak tahu bagaimana kondisinya saat ini," tuturnya.

Baca Juga: Polisi Ringkus Tujuh Orang dari Aksi Teror Bom Molotov PDIP Bogor

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya