Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang Bandung

Ada sejumlah saksi akan dimintai keterangan

Bandung, IDN Times - Kepolisian Resort Besar (Polrestabes) Bandung akan mendalami penyebab kebakaran di Gedung Bappelitbang area Balai Kota Bandung, Senin (7/11/2022).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Aswin Sipayung mengaku, belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Polisi mendalami terlebih dahulu penyebab kebakaran di Balai Kota Bandung. Termasuk akan ada pemeriksaan oleh Laboratorium Forensik untuk mengetahui penyebab pasti kebakaran ini.

"Nanti yang mengetahui penyebab kebakaran adalah bagian Laboratorium Forensik," ujarnya.

1. Pemeriksan dilakukan pada sejumlah saksi

Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Menurutnya, kepolisian telah memeriksa beberapa orang terkait kebakaran ini. Nantinya, hasil pemeriksaan beberapa orang ini merupakan bagian dari Olah TKP.

"Iya seperti biasanya kami olah TKP dan kami akan periksa beberapa orang atau banyak orang yang ada di sekitar TKP," kata Aswin di Balai Kota Bandung.

2. Sudah amankan beberapa pekerja proyek

Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang BandungIDN Times/Debbie Sutrisno

Polisi telah mengamankan satu orang pekerja proyek yang merupakan mandor pengerjaan perbailan di gedung Balai Penelitian, Perencanaan, dan Pengembangan (Bappelitbang) Balai Kota Bandung. Dia diamakan bersama dengan satu tabung gas berserta selang gasnya.

"Yang kami amankan satu orang," kata Kapolsek Sumur Bandung Kompol Deny Rahmanto ditemui di Taman Sejarah, Senin (7/11/2022).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, diduga pelaku merupakan pekerja yang sedang mengerjakan proyek pengelasan atap bangunan. Dalam proyek tersebut, ada empat orang yang terlibat. Tiga pekerja lainnya sedang dicari oleh polisi.

"Tiga lagi (pekerja) sedang kami cari," tuturnya.

3. Ini kronologi kebakaran di gedung bappelitbang

Polisi Dalami Penyebab Kebakaran Gedung Bappelitbang BandungIDN Times/Yogi Pasha

Kebakaran melanda kantor Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bandung Jalan Aceh Kota Bandung, Senin 7 November 2022. Api diketahui muncul sekitar pukul 10.00 WIB. Dinas Pemadam Kebakaran Kota Bandung langsung menuju lokasi kebakaran.

Salah seorang saksi mata, Diona Apriliana yang merupakan Kasubag Umum dan Kepegawaian Bapelitbang menuturkan, api awalnya terlihat di atap lantai 2 gedung Bapelitbang tepatnya di bagian Litbang sekitar pukul 10.00 WIB.

"Awalnya anak-anaknya sudah ramai. Saya mendengar anak-anak teriak 'api, api, api!'. Sebelumya saya melihat di atap sudah ada bunyi gemuruh. Tak lama dari sana yang lain saya suruh turun saya paling terakhir," kata dia.

Ia menuturkan, atap sudah mulai doyong ke bawah, dan api sudah mulai menjalar di atap gedung Bapelitbang.

"Di atap itu sudah doyong ke bawah dan sudah ada api semua. Prediksi saya, di atas sudah terbakar semua, makanya saya minta semua dievakuasi," ujarnya.

Ia mengungkapkan, saat kejadian memang sedang ada perbaikan atap di Gedung Bapelitbang. Diduga api berasal dari aktivitas perbaikan itu.

"Memang kita sedang ada perbaikan atap, saya tidak tahu pekerjaannya seperti apa. Ada yang sedang bekerja di atas," ungkapnya.

Menurut Diona, seluruh karyawan telah berhasil dievakuasi saat kebakaran terjadi. Namun dokumen dan peralatan kerja lainnya belum sempat dievakuasi.

"Dokumen terbakar semua termasuk PC. Selebihnya kita bisa bawa laptop. Kita pentingkan semua terevakuasi semua," katanya.

Baca Juga: Kebakaran di Balaikota Bandung, Yana Mulyana Pastikan Tak Ganggu Pelayanan Publik

Baca Juga: 36 Jam Kebakaran Gudang Tripleks, Petugas Mulai Lakukan Pendinginan

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya