Polda Jabar Cari Pihak yang Mengaku Tentara Allah di Bandung Barat

Ada-ada saja mau jadi tentara Allah

Bandung, IDN Times - Belakangan ini geger mengenai sejumlah masyarakat yang ikut dalam deklarasi pembentukan Laskar Jundullah atau Tentara Allah di Kabupaten Bandung Barat. Dalam sebuah video yang bereda di media sosial berdurasi satu menit lebih, terlihat seorang pria yang berpakaian putih serta menggunakan kopiah mengucap deklarasi pembentukan laskar. Ucapan pria itu diikuti oleh sekelompok orang lainnya yang berdiri di belakang.

Menanggapi soal video itu, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago mengatakan, polisi sedang mencari orang yang disebut ustadz dan memimpin deklarasi tersebut guna dimintai keterangan.

"Untuk ustadznya sampai sekarang sedang kita cari untuk dimintai keterangan mengapa yang bersangkutan melakukan seperti itu," kata dia di Mapolda Jabar, Rabu (6/12/2021).

1. Kelompok yang ikut deklarasi mengaku tidak paham

Polda Jabar Cari Pihak yang Mengaku Tentara Allah di Bandung Barat(Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Erdi A Chaniago) IDN Times/Azzis Zulkhairil

Menurut Erdi, sekelompok orang yang ikut dalam deklarasi tentara Tuhan mengaku tak paham secara rinci niatan dari deklarasi tersebut.

"Jadi ketika viral, mereka mengikuti sekarang dalam beberapa waktu kemudian ada klarifikasi bahwa masyarakat tersebut tidak ikut-ikutan lagi," ucap dia.

Mulanya, lanjut Erdi, warga mendapat ajakan dari ustaz itu untuk ikut mendeklarasikan laskar. Setelah dipelajari dan dinilai tak sejalan, warga memberikan klarifikasi dan menyatakan sudah tak terlibat.

"Yang namanya masyarakat tidak mengerti dan mereka melihat seorang ustaz dia meminta umat di salah satu wilayahnya itu untuk mengikuti sebagai laskar Jundullah itu," papar dia.

2. Pimpinan deklarasi bernama Erwan Sa'ad

Polda Jabar Cari Pihak yang Mengaku Tentara Allah di Bandung BaratIlustrasi aliran sesat. Kabarkampus.com

Pimpinan jemaah tentara Allah atau Jundullah, Erwan Sa'ad belum menampakkan diri hingga saat ini. Erwan Sa'ad masih ditunggu jemaah maupun pemerintah untuk memberikan keterangan terkait deklarasi yang ia lakukan pada Jumat 1 Januari lalu.

Jemaah yang sebelumnya mengikuti deklarasi tentara Allah atau Jundullah di Kampung Sasak Bubur RT 04 RW 03 Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku merasa tertipu.

3. Erwan Sa'ad harus bertanggung jawab

Polda Jabar Cari Pihak yang Mengaku Tentara Allah di Bandung BaratSekelompok jemaah deklarasikan diri menjadi tentara Allah. (IDN Times/Bagus F)

Ade Ali Syarifuddin, satu dari belasan jemaah yang ikut deklarasi tentara Allah mengaku kesal atas ulah Erwan Sa'ad. Pasalnya, dirinya tidak tahu menahu soal deklarasi. Ali hanya diminta berdiri usai salat Jumat lalu mengikuti deklarasi yang dipimpin Erwan Sa'ad.

"Pak Erwan Sa'ad, dia yang bilang dia akan bertanggung jawab. Kemarin sudah telepon, tapi (sampai sekarang) tidak datang ke sini. Inginnya jemaah, kalau dia tidak sadar ya langsung minta maaf ke jemaah, warga dan pemerintah," kata Ali.

Baca Juga: Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad Menghilang

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya