Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad Menghilang

Jemaah tunggu Erwan Sa'ad keluar

Bandung Barat, IDN Times - Pimpinan jemaah tentara Allah atau Jundullah, Erwan Sa'ad belum menampakkan diri hingga saat ini. Erwan Sa'ad masih ditunggu jemaah maupun pemerintah untuk memberikan keterangan terkait deklarasi yang ia lakukan pada Jumat 1 Januari lalu.

Jemaah yang sebelumnya mengikuti deklarasi tentara Allah atau Jundullah di Kampung Sasak Bubur RT 04 RW 03 Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas, Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengaku merasa tertipu.

1. Erwan Sa'ad harus bertanggung jawab

Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad MenghilangSekelompok jemaah deklarasikan diri menjadi tentara Allah. (IDN Times/Bagus F)

Ade Ali Syarifuddin, satu dari belasan jemaah yang ikut deklarasi tentara Allah mengaku kesal atas ulah Erwan Sa'ad. Pasalnya, dirinya tidak tahu menahu soal deklarasi. Ali hanya diminta berdiri usai salat Jumat lalu mengikuti deklarasi yang dipimpin Erwan Sa'ad.

"Pak Erwan Sa'ad, dia yang bilang dia akan bertanggung jawab. Kemarin sudah telepon, tapi (sampai sekarang) tidak datang ke sini. Inginnya jemaah, kalau dia tidak sadar ya langsung minta maaf ke jemaah, warga dan pemerintah," kata Ali.

2. Jemaah tidak tahu maksud dan tujuan deklarasi

Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad MenghilangJemaah tentara Allah atau Jundullah di KBB. (IDN Times/Bagus F)

Hingga saat ini, Ali belum tahu apa maksud dan tujuan dari deklarasi Jundullah itu. Saat ini, Erwan Sa'ad menjadi sosok yang paling dicari untuk dimintai keterangan terkait apa maksud dan tujuan deklarasi itu.

"Jemaah sebetulnya sama sekali tidak tahu maksud dan tujuannya. Setelah viral seperti ini kita kaget dan panik, karena dari awal tidak tahu apa-apa," ujarnya.

3. Erwan Sa'ad selalu tidak ada di lokasi

Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad MenghilangMuspika Cihampelas temui jemaah Jundullah. (Istimewa)

Kepala Desa Mekarmukti Andriawan Burhanudin mengatakan, pemerintah desa sudah menemui para jemaah. Saat ditemui, para jemaah pun mengaku kebingungan atas ramainya perbincangan terkait deklarasi.

"Saat kita ke lokasi, pimpinan jemaah tersebut atas nama Erwan Sa'ad tidak ada di lokasi. Para jemaah juga menanti kehadirannya untuk dimintai keterangan atas maksud dan tujuan deklarasi itu," tutur Andrian.

4. MUI minta Erwan Sa'ad jelaskan soal deklarasi

Usai Deklarasi, Pimpinan Tentara Allah Erwan Sa'ad MenghilangIDN Times/Galih Persiana

Hingga saat ini, Erwan Sa'ad belum juga muncul. Keberadaannya pun dipertanyakan oleh jemaah dan pemerintah setempat. Ketua MUI KBB, M Ridwan mengatakan, MUI perlu keterangan Erwan Sa'ad sebagai pimpinan jemaah tersebut.

"Ini harus dipanggil agar jelas maksud dan tujuannya. Tapi sejauh ini tidak ada atribut aneh yang digunakan. Kalau sudah jelas keterangan dari yang bersangkutan, nanti bisa disimpulkan," ucap Ridwan.

Baca Juga: Ikut Deklarasi Jadi Tentara Allah, Jemaah Mengaku Tertipu

Baca Juga: Kaget! Deklarasi Tentara Allah di KBB Ditolak Jemaah Sendiri

Topik:

  • Yogi Pasha

Berita Terkini Lainnya